Hari Wayang



Hari Wayang

Tung Wudut

 

                Hari Wayang Nasinal diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 30 tahun 2018. Di dalam keutusan tersebut dinyatakan tanggal 7 Nopember sebagai hari Wayang Nasional.

                Hari wayang diadakan karena wayang sudah berkembang dan tumbuh sejak lama di Indonesia. Wayang sebagai asset kebudayaan nsianal.  Wayang mempunyai nilai yang sangat penting, sebagai pembentuk karakter  dan jati diri bangsa.

Hari wayang secara khusus ditetapkan dengan pertimbangan wayang telah tumbuh dan berkembang menjadi aset nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa. Selain itu wayang juga bisa sebagai sarana Pendidikan yang menarik.  Sebagai sarana penyebaran agama.  Mensosialisasikan program pemerintah dan masih banyak lagi.

            Bila pada tahun sebelumnya hari Wayang Nasional selalui ditandai dengan pagelaran wayang sehari semalam dari gabungan beberapa dalang. kali ini hari wayang diperingati dengan cara webinar.  Melalui Zoom dan melalui You tube. Melalui zoom ada  sekitar 316 peserta dan di siran langsung sekitar

16 orang. Tak banyak memang. Tapi mereka sangat antusias dan penuh dengan pertayaan yang menarik. Judul yang diambil dalam live you tube Kagama Budaya Wayang Sebagai Pusakan Bangsa.

            Webinar yang di buka oleh bapak Ganjar Pranowo ini menampilkan beberapa nara sumber yang benar-benar mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang kulit yang berupa manusia itu.  Sederetan nama ada ibu Belinda A Margono, RM Dony Surya, bapak Rudi Wiratama, Dr. Sindung Tjahyadi, Drs Namstra Probosunu dan Tahta Harimurti seorang dalang cilih yang sekarang sudah sukses di pagelaran wayang luar negeri.

 


Sumber
Artikel ini telah tayang di 
Tribunjogja.com dengan judul Sejarah Penetapan 7 November Sebagai Hari Wayang Nasional, Wujud Apresiasi Budaya Asli Indon

https://jogja.tribunnews.com/2020/11/07/sejarah-penetapan-7-november-sebagai-hari-wayang-nasional-wujud-apresiasi-budaya-asli-indonesia?page=2.


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja

Setangkai Mawar Kuning