MODUL BAHASA INDONESIA KELAS 8 SEMESTER 1

Kode Modul : 1.1 /12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : memahami wacana lisan bentuk laporan KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menganalisis isi laporan 1.2 Menanggapi isi laporan ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. menuliskan pokok laporan yang disimak 2. menyimpulkan isi laporan yang disimak 3. memberi komentar terhadap isi laporan yang disimak C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. tuliskanlah pokok laporan yang disimak 2. simpulkan isi laporan yang disimak 3. beri komentar terhadap isi laporan yang disimak D.Materi Pelajaran Contoh laporan Selamat pagi Saudara. Kali ini saya berada di tepi jembatan Ngujang. Pagi ini jembatan dikeru-muni oleh banyak warga sekitar untuk menyaksikan penemuan sosok mayat yang terapung di tengah kali. Menurut penuturan saksi mata, tadi pagi sekitar jam 05.30 seorang pencari ikan me-lihat sesosok mayat yang terapung di tengah sungai. Mayat tersebut berjenis laki-laki, berbadan kekar dan bertato. Mayat tak beridentitas itu tidak berbaju, hanya bercelana dalam merk Croco-dile. Kedua tangan Mr. X itu diikat dengan kawat, di dada sebelah kiri ada tiga tusukan pisau, dan kepala bagian belakang sedikit memar. Untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, jasad Mr X ini oleh polisi dibawa ke rumah sakit untuk diotopsi. Demikian sekilas info. Saya kembali ke studio. 1. Pokok-pokok laporan Unsur laporan di atas adalah ..... (a) topik - penemuan mayat (b) peristiwa - di kali Ngujang (c) identitas - mayat laki-laki tanpa identitas, memar di kepala, ada tusukan pisau di dada, kedua tangan diikat dengan kawat (d) yang menemukan - pencari ikan (e) waktu - jam 05.30 (f) kelanjutan - mayat dibawa polisi ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan 2. Kesimpulan Dari uraian data di atas dapat dismpulkan bahwa laki-laki tersebut mati karena tusukan di dada dan kepalanya dipukul dengan benda tumpul. 3. Tanggapan atau komentar terhadap berita tersebut adalah .... (a) mayat laki-laki yang ditemukan di Ngujang itu dimungkinkan seorang residivis jika dilihat dari ciri-ciri tubuhnya (b) mayat tersebut mati karena dibunuh oleh beberapa orang E. Kerjakan tugas dibawah ini : 1. tuliskanlah pokok laporan yang disimak 2. simpulkan isi laporan yang disimak 3. beri komentar terhadap isi laporan yang disimak Pedoman Penilaian No Kemampuan yang Diukur Kriteria Skor maks 1 2 3 Menemukan pokok pi kiran laporan Menyimpulkan isi Laporan Merespon isi laporan 1. setiap pokok pikiran diberi skor (1), Ada 6 pokok pikiran 1. kesimpulan mencakup fakta dan opini 2. kesimpulan kurang sempurna 3. kesimpulan menyimpang dari fakta 1. respon identik dengan topik 2. respon kurang identik dengan topik 3. respon tidak identik dengan topik 6 3 3 TOTAL SKOR 12 Nilai akhir = skore perolehan X 100 skore maksimal Mengetahui: Guru mata pelajaran Kepala Sekolah Drs. AGUS SUNARYO,M.M. WIDWI ASTUTI S.pd. Pembina Tk. 1 NIP 19720504 200801 2018 NIP 19640711 198903 1 013 Kode Modul : 1.2 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : Tata Kalimat (sintaksis) KOMPETENSI DASAR : Memahami kalimat ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. Membuat contoh kalimat berpola Subyek + Predikat 2. Membuat contoh kalimat berpola Subyek + Predikat + Obyek 3. Membuat contoh kalimat berpola Subyek + Predikat + Obyek + Keterangan C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. Membuatlah contoh kalimat berpola Subyek + Predikat 2. Membuatlah contoh kalimat berpola Subyek + Predikat + Obyek 3. Membuatlah contoh kalimat berpola Subyek + Predikat + Obyek + Keterangan D.Materi Pelajaran 1. Kalimat berpola Subyek + Predikat 2. Kalimat berpola Subyek + Predikat + Obyek 3. Kalimat berpola Subyek + Predikat + Obyek + Keterangan Subjek adalah yang menajadi pokok pembicaraan dalam suatu kalimat. Biasanya berupa nama. Nama orang, barang,keadaan dsb. Predikat berupa kata kerja yaitu kegiatan yang merupakan suatu pekerjan contoh berjalan, mencari, bermain dsb. Objek adalah yang mejadi sasaran subjek atau hasil kerja dari subjek. Bisa berupa kata benda. Bila dalam kalimat dapat digambarkan pada contoh sbb: No Subyek Predikat Obyek Keterangan 1.1 1.2 1.3 Anam Anam Anam seorang pelajar pintar belajar 2.1 Anam Anam belajar mempelajari matematika 3.1 3.2 3.3 Anam Anam Anam mempelajari mempelajari mempelajari matematika matematika matematika setiap hari setiap hari di rumah gurunya setiap hari di rumah gurunya bersama Bagus E. Kerjakan tugas dibawah ini : 1. Menulis Kalimat berpola Subyek Predikat Buat dua kalimat yang sesuai dengan contoh! No Kalimat contoh Kalimat siswa 1 2 3 4 5 6 7 Anam pelajar Anam pintar Anam belajar Anam mempelajari matematika Anam mempelajari matematika setiap hari Anam mempelajari matematika setiap hari rumah gurunya Anam mempelajari matematika setiap hari di rumah gurunya bersama Bagus 1. ...................................................................... 2........................................................................ 1. ...................................................................... 2........................................................................ 1. ...................................................................... 2........................................................................ 1. ...................................................................... 2........................................................................ 1. ...................................................................... 2........................................................................ 1. ...................................................................... 2........................................................................ 1. ...................................................................... 2........................................................................ G. Pedoman Penilaian 1. Membuat kalimat berpola Subyek Predikat No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 kemampuan menulis kalimat Setiap jawaban betul diskor satu 14 jumlah 14 Nilai akhir = skore perolehan X 100 skore maksimal Mengetahui: Guru mata pelajaran Kepala Sekolah Drs. AGUS SUNARYO,M.M. WIDWI ASTUTI S.pd. Pembina Tk. 1 NIP 19720504 200801 2018 NIP 19640711 198903 1 013 Kode Modul : 1.3 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi KOMPETENSI DASAR : 2.1 berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. menyusun pertanyaan wawancara yang sesuai dengan topik yang dirancang 2. menulis pokok pikiran narasumber yang diwawancarai 3. menuliskan kembali isi wawancara secara singkat C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. menyusun pertanyaan wawancara yang sesuai dengan topik yang dirancang 2. menulis pokok pikiran narasumber yang diwawancarai 3. menuliskan kembali isi wawancara secara singkat D.Materi Pelajaran Kajian Teori Wawancara adalah sebuah kegiatan untuk mencari data dengan cara bertanya kepada orang yang dianggap sebagai narasumber. Langkah-langkah yang dilakukan pewawancara adalah (1) menentukan topik wawancara, (2) memilih narasumber yang tepat, (3) menulis pertanyaan wawancara, (4) melakukan wawan-cara sambil mencatatat pokok pikiran narasumber, dan (5) menyimpulkan atau menulis kem-bali isi wawancara Syarat pertanyaan wawancara (a) Berbahasa sopan, tidak menyinggung narasumber (b) Mengacu pada topik yang dirancang (c) Diawali dengan ucapan salam, ditutup dengan ucapan terima kasih (d) Pertanyaan dikemas secara sistematis dan urut E. Kerjakan tugas dibawah ini : I. Untuk memahami penyusunan bahasa wawancara, buatlah kalimst tanya yang sesuai dengan jawaban yang tersedia! (1) ................................................................... Saya mulai membuka usaha peternakan ayam ini sejak tiga tahun yang lalu (2) .................................................................... Karena saya yakin permintaan daging ayam potong akan terus naik (3) ............................................................... Modal saya dari tabungan, sebagian lainnya pinjaman dari bank (4) ................................................................ Saya dibantu istri dan beberapa pekerja (5) ............................................................. Keuntungan perbulan rata-rata sepuluh hingga lima belas juta rupiah (6) ............................................................... Serangan penyakit (7) ................................................................ Menyemprot kandang ayam dengan zat kimia tertentu, menjaga kebersihan kandang, dan menyuntik ayam dengan vitamin agar tahan terhadap penyakit (8) ................................................................. Harapan saya, saya dapat menularkan pengalaman saya dalam beternak ayam ini kepada orang lain lain agar mereka juga dapat menjadi peternak ayam yang sukses sehingga kehidupan mereka meningkat (9) .................................................................. Jika Tuhan mngijinkan, tahun depan kami akan menunaikan ibadah haji bersama istri (10) ................................................................. Terima kasih kembali. Ya, sama-sama sukses II. Lakukan wawancara dengan orang di sekitar sekolah yang berkompeten dengan topik berikut! 1. Kegiatan ekstrakurikuler 2. Kegiatan Jumat Bersih 3. Perpustakaan sekolah 4. Sekolah Adiwiyata 5. Kantin sekolah Berkaitan dengan tugas di atas, yang kalian kumpulkan meliputi .... 1. Pertanyaan wawancara, minimal 10 butir 2. Pokok pikiran narasumber 3. Penulisan kembali isi wawancara G. Pedoman Penilaian No Kemampuan yang Diukur Kriteria Skor maks 1 2 3 Menyusun pertanyaan wawancara Menuliskan pokok pikiran narasumber Menuliskan kembali isi wawancara 1. setiap pertanyaan yang sesuai dengan topik diberi skor (1), maksimal 10 pertanyaan 1. setiap pokok pikiran yang sesuai dg topik diberi skor (1) 1. ketepatan isi 2. kebakuan kalimat 3. keruntutan penalaran 4. kejelasan isi 5. ketepatan penggunaan ejaan 1 1 1 1 1 10 10 5 TOTAL SKOR 25 Nilai akhir = skore perolehan X 100 skore maksimal Mengetahui: Guru mata pelajaran Kepala Sekolah Drs. AGUS SUNARYO,M.M. WIDWI ASTUTI S.pd. Pembina Tk. 1 NIP 19720504 200801 2018 NIP 19640711 198903 1 013 Kode Modul : 1.4. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan KOMPETENSI DASAR : 2.2 menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. Menulis pokok-pikiran dari peristiwa yang diamati 2. Menyusun pokok pikiran menjadi sebuah kerangka laporan 3. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah laporan 4. Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. Menulislah pokok-pikiran dari peristiwa yang diamati 2. Menyusunlah pokok pikiran menjadi sebuah kerangka laporan 3. Mengembangkanlah kerangka menjadi sebuah laporan 4. Sampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar D.Materi Pelajaran 1. Uraian Materi Laporan merupakan sebuah karangan yang memaparkan sebuah kegiatan yang sedang berlangsung, kegiatan yang telah berlangsung, atau sebuah deskripsi sebuah peristiwa. Laporan dihasilkan dari sebuah pengamatan atau sebuah kegiatan yang dilakukan. Untuk melaporkan hasil pengamatan, yang dilakukan adalah .... (1) Melakukan pengamatan sambil mendata pokok-pokok peristiwa (2) Menyusun pokok-pokok peristiwa menjadi sebuah kerangka (3) Mengembangkan kerangka menjadi sebuah laporan (4) Melaporkan secara lisan Ciri-ciri laporan yang baik adalah ..... (1) Menggunakan bahasa baku (2) Bersifat obyektif (3) Disajikan secara runtut, berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian Untu menemukan pokok peristiwa, gunakanlah pertanyaan (a) Apa yang terjadi? (b) Kapan terjadi? (c) Dimana tempat terjadi? (d) Mengapa hal itu terjadi? (e) Bagaimana jalannya kejadian, bagaimana akibatnya? dan (f) Siapa yang terlibat dalam kejadian itu? E. Kerjakan tugas dibawah ini : Instrumen 1. Pemahaman materi Tersangka Kawit, 40, warga Desa Pulotondo, Kecamatan Ngunut, pembunuh istrinya, Susanti, melakukan rekonstruksi pembunuhan kemarin (5/7). Rekonstruksi yang digelar di Dusun Jurang-gundul, Desa Pulotondo tersebut dimulai pukul 09.00. Dalam rekonstruksi itu, tersangka mem-peragakan 40 adegan dalam membunuh istrinya yang mantan TKW Hongkong tersebut. Masyarakat sekitar memadati rumah korban untuk menyaksikan bagaimana tersangka mengha-bisi nyawa istrinya. Agar proses rekonstruksi berjalan lancar, polisi mengerahkan anggota Sha-bara dari Polres Tulungagung. (dikutip dari Radar Tulungagung edisi 5 Juli 2013 Dengan perubahan) Anggaplah ilustrasi di atas merupakan kejadian yang sedang kamu amati. Tulislah pokok-pokok peristiwa yang kamu temukan! 1. Tuliskan pokok-pokok peristiwa itu di buku catatanmu! 2. Susun pokok-pokok peristiwa menjadi sebuah kerangka laporan 3. Tulis laporannya! 4. Laporkan hasil pengamatanmu secara lisan! 2. Tugas mandiri Bersama kelompokmu, lakukan pengamatan terhadap kejedian di lingkungan sekolah di saat istirahat, kemudian lakukan kegiatan berikut ini! a. Tulis pokok-pokok peristiwa hasil pengamatanmu b. Susun pokok-pokok peristiwa menjadi kerangka laporan c. Tulis laporannya d. Koreksi bersama laporannya dengan teman sekelompok kerja e. Laporakan hasil pengamatanmu tadi secara lisan . Pedoman Penilaian No Kemampuan yang Diukur Kriteria Skor maks 1 2 3 Menemukan pokok peristiwa Menyusun kerangka Menuliskan laporan Menyampaikan laporan 1. setiap pokok peristiwa diberi skor (1) 1. setiap kadungan pokok peristiwa diskor (1) 2. kebakuan kalimat 3. keruntutan penalaran 4. kelengkapan isi 5. ketepatan penggunaan ejaan 1. runtut dan mudah dipahami 2. tidak runtut, dpt dipahami 3. sulit dipahami 4. tidak dapat dipahami 1 1 1 1 4 3 2 1 6 6 4 4 TOTAL SKOR 20 Nilai akhir = skore perolehan X 100 skore maksimal Mengetahui: Guru mata pelajaran Kepala Sekolah Drs. AGUS SUNARYO,M.M. WIDWI ASTUTI S.pd. Pembina Tk. 1 NIP 19720504 200801 2018 NIP 19640711 198903 1 013 Kode Modul : 1.6. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami ragam menbaca tulis dengan membaca memindai membaca cepat KOMPETENSI DASAR : 3.1Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/ buku telepon dengan membaca memindai ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : Setelah mengamati denah Kecamatan Ngantru, diharapkan siswa dapat .... 1. menemukan 10 nama dan nomor telepon orang yang tinggal di Kecamatan Ngantru 2. menemukan 10 alamat dan nomor telepon lembaga/badan usaha yang ada di Tulungagung C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. Temukan 10 nama dan nomor telepon orang yang tinggal di Kecamatan Ngantru. 2. Temukan 10 alamat dan nomor telepon lembaga/badan usaha yang ada di Tulungagung D.Materi Pelajaran 1. Uraian Materi Uraian Materi Karakter penulisan nama pelanggan di buku telepon 1. nama keluarga, marga, atau yang sejenis dicantumkan di depan nama pribafi Bagus Siagian ditulis Siagian Bagus, tercantum pada abjad S 2. nama pribadi tanpa nama keluarga ditulis langsung Indah Pratiwi ditulis Indah Pratiwi, tercantum pada abjad I 3. singkatan nama, gelar, jabatan, dan yang lain yang sejenis ditulis di belakang Drs Subani ditulis Subani Drs, tercantum pada abjad S A Chudori ditulis Chudori A, tercantum pada abjad C 4. nama perusahaan didahulukan, diikuti bantuk badan usaha Toko Shanti ditulis Shanti Toko, tercantum pada abjad S PT Teladan ditulis Teladan PT, tercantum pada abjad T 5. untuk memudahkan pencarian, gunakan petunjuk abjad yang ditulis di sudut kiri dan kanan atas E. Kerjakan tugas dibawah ini : 1. Tugas Kelompok Dengan bantuan Buku Petunjuk ini, bersama kelompok kerjamu carilah sepuluh nama dan nomor teleponnya untuk pelanggan yang berdomisili di Kecamatan Ngantru! 2. Tugas Mandiri Untuk menmingkatkan pemahamanmu berburu nomor telepon, carilah sepuluh alamat badan usaha/lembaga yang ada di Tulungagung beserta nomor teleponnya! G. Pedoman Penilaian No Kemampuan yang Diukur Kriteria Skor maks 1 2 Tugas kelompok Tugas mandiri 1. setiap nama yang betul dskor (1) 2, setiap nomor yang betul diskor (1) 1. setiap alamat yang betul diskor (1) 2. setiap nomor yang betul diskor (1) 5 5 5 5 10 10 TOTAL SKOR 20 Nilai akhir = skore perolehan X 100 skore maksimal Mengetahui: Guru mata pelajaran Kepala Sekolah Drs. AGUS SUNARYO,M.M. WIDWI ASTUTI S.pd. Pembina Tk. 1 NIP 19720504 200801 2018 NIP 19640711 198903 1 013 Kode Modul : 1.7. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami ragam menbaca tulis dengan membaca memindai membaca cepat KOMPETENSI DASAR : 3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. mendeskripsikan letak lima kantor layanan umum di Kecamatan Ngantru 2. mendeskripsikan perjalanan dari sekolah menuju rumah yang disertai denah C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. deskripsikan letak lima kantor layanan umum di Kecamatan Ngantru 2. deskripsikan perjalanan dari sekolah menuju rumah yang disertai denah D.Materi Pelajaran Uraian Materi Denah atau peta merupakan paparan deskripsi letak sebuah wilayah menurut geografis. Untuk memudahkan pelacakan atau pendeskripsikan sebuah denah, gunakanlah fasilitas umum yang dikenal masyarakat sebagai data pendukung, seperti pasar, sekolah, masjid, kantor, atau gardu. Materi Pembelajaran meliputi .... 1. Deskripsi letak lima kantor layanan umum di Kecamatan Ngantru 2. Deskripsi rute perjalanan dari sekolah menuju rumah yang disertai denah E. Kerjakan tugas dibawah ini : 1. Cermatilah denah Kecamatan Ngantru, kemudian deskripsikan letak lima kantor pelayanan umum yang ada di Ngantru! 2. Buatlah rute perjalananmu dari sekolah menuju rumahmu. Untuk memudahkan pelacakan, gunakan fasilitas umum yang dikenal masyarakat sebagai patokan! G. Pedoman Penilaian No Kemampuan yang Diukur Kriteria Skor maks 1 2 Tugas kelompok Tugas mandiri 1. setiap nama yang betul diskor (1) 2, setiap deskripsi yang betul dan jelas diskor (2) 3. setiap deskripsi yang betul diskor (1) 1. paparan runtut, jelas, denah betul 2. paparan tidak runtut, dpt dipahami, denah betul 3.paparan dpt dipahami, denah salah 4. paparan tanpa denah 5. paparan tidak dpt dipahami 5 10 5 4 3 2 1 15 5 TOTAL SKOR 20 Kode Modul : 1.8. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami ragam menbaca tulis dengan membaca memindai membaca cepat KOMPETENSI DASAR : 3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata menit ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. membaca dalam hati dengan kecepatan 250 kata permenit 2. memahami isi bacaan dengan peluang menjawab pertanyaan benar 75% C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. membacalah dalam hati dengan kecepatan 250 kata permenit 2. jawablah pertanyaan benar 75% di baw2ah ini. 1. Berapa jumlah desa yang terkena langsung luberan lumpur Lapindo? Sebutkan! 2. Kini muncul aksi dari masyarakat yang terkena dampak langsung lumpur Lapindo. 3. Apa padan kata aksi pada kalimat di atas? 4. Berapa lama warga korban luberan Lapindo mengadakan aksinya? Sebutkan hari dan tanggalnya! 5. Apa yang memicu terjadinya aksi tersebut? 6. Sebutkan dampak negatif dari aksi tersebut! 7. Sebutkan dampak positif dari aksi tersebut! 8. Masalah :Lapindo harus diselesaikan secara terbuka dan adil. Apa yang dimaksud dengan adil pada teks di atas? 9. Menurut penulis, pemerintah selalu terlambat dalam mengantisipasi luberan lumpur Lapindo. 10. Sebutkan keterlamabatan pemerintah yang dimaksud! D.Materi Pelajaran 1. Uraian Materi Lumpur Lapindo Lima desa di Kecamatan Porong terkena dampak luapan lumpur, yaitu Perum TAS I, Renokenongo, Siring, Jatisari, dan Balung Bendo. Warga Perum TAS I tidak mendapatkan ganti rugi seperti wraga di keempat desa lainnya. Akibatnya, warga mengadakan protes berupa penutupan jalan raya dan rel kereta api pada hari Kamis dan Jumat yang berdampak kelumpuhan transportasi di Sidoarjo dan Gubernur Jawa Timur mberjanji mau memperjuangkan ganti rugi untuk warga Perum TAS I. E. Kerjakan tugas dibawah ini : 1. Bacalah dalam hati teks berikut ini! Hentikan kegiatan membaca jika sudah mencapai waktu satu menit. Tandai batas akhir bacaan Anda. Hitunglah berapa kata yang telah Anda peroleh! 2. Bacalah dalam hati teks berikut secara keseluruhan. Jika selesai hitunglah rata-rata kecepatan baca Anda! 3. Bacalah sekali lagi teks di atas, kemudian kerjakan sesuai perintah! A. Pertanyaan : 1. Berapa jumlah desa yang terkena langsung luberan lumpur Lapindo? Sebutkan! 2. Kini muncul aksi dari masyarakat yang terkena dampak langsung lumpur Lapindo. Apa padan kata aksi pada kalimat di atas? 3. Berapa lama warga korban luberan Lapindo mengadakan aksinya? Sebutkan hari dan tanggalnya! 4. Apa yang memicu terjadinya aksi tersebut? 5. Sebutkan dampak negatif dari aksi tersebut! 6. Sebutkan dampak positif dari aksi tersebut! 7. Masalah Lapindo harus diselesaikan secara terbuka dan adil. Apa yang dimaksud dengan adil pada teks di atas? 8. Menurut penulis, pemerintah selalu terlambat dalam mengantisipasi luberan lumpur Lapindo. Sebutkan keterlamabatan pemerintah yang dimaksud! B. Berdasarkan jawabanmu nomor 2, 3, 4, 5, 6, dan 7; buatlah rangkuman satu paragraf tentang isi teks! G. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Kecepatan membaca per menit Kemampuan mejawab pertanyaan 1. 250 kata atau lebih 2. 150 – 200 kata 3. 100 – 150 kata 4. kurang dari 100 kata Setiap jawaban betul diskor (1) Ada 8 pertanyaan Kelengkapan isi Keruntutan penyajian Tatakalimat Ejaan 4 3 2 1 1 1 1 1 4 8 4 jumlah 16 N = jumlah skor yang diperoleh x 85 Kode Modul : 1.9. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dan bahasa petunjuk KOMPETENSI DASAR : 4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. menuliskan pokok-pokok laporan yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan 2. menulis laporan tentang kegiatan yang telah dilakukan C. .Cek Kemampuan Sebelum membaca modul ini coba cek dulu pemahamanmu tentang pergelaaran Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. tuliskan pokok-pokok laporan yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan 2. tulis laporan tentang kegiatan yang telah dilakukan 3. tulis laporan tentang kegiatan yang telah dilakukan D.Materi Pelajaran 1. Uraian materi 2. Laporan dibuat setelah melakukan sebuah kegiatan sebagai bukti pertanggungjawaban atas kegiatan yang dilakukan. Isi laporan meliputi (a) kegiatan yang dilakukan, dapat digunakan sebagai judul laporan, (b) alasan melaksanakan kegiatan, (c) tujuan kegiatan, (d) waktu dan tempat kegiatan, (e) pelaksana kegiatan, (f) peristiwa yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan, (g) hasil kegiatan, dan (h) keuangan. 3. Contoh format 4. Judul : Kegiatan Jumat Bersih 5. Ragam kegiatan : membersihkan halaman sekolah di hari Jumat pagi 6. Latar belakang : perawatan lingkungan agar selalu bersih, perlu adanya kegiatan berkala 7. Tujuan : untuk menciptakan lingkungan yang bersih 8. Waktu : setiap hari Jumat dari jam 06.40 s.d. 08.00 9. Tampat : halaman sekolah 10. Hasil : lingkungan selalu tampak bersih dan rapi 11. Penutup 12. 1. kesimpulan : kegiatan Jumat bersih dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi 13. 2. saran : agar lingkungan tetap tampak bersih, kegiatan Jumat Bersih perlu dila- kukan secara E. Kerjakan tugas dibawah ini : c. Instrumen Buat laporan kegitan dengan memperhatikan petunjuk berikut ini! 1. Bentuk kelompok kerja yang berjumlah lima siswa 2. Rencanakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan 3. Lakukan kegiatan tersebut di luar jam pelajaran 4. Setelah melakukan kegiatan, buat laporan tertulisnya 5. Bacakan laporanmu di depan kelas, suruh temanmu memberi tanggapan tentang formatnya G. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Format laporan Isi laporan 1. sesuai dengan kegiatan, lengkap 2. sesuai, tidak lengkap 3. tidak sesuai 1. sesuai dg kegiatan, lengkap, terinci 2. sesuai dg kegiatan, lengkap, tak rinci 3. sesuai dg kegiatan, tak lengkap, tak rinci 4. kurang sesuai dg kegiatan 5. tidak sesuai dg kegiatan 3 2 1 5 4 3 2 1 3 5 jumlah 8 N = jumlah skor yang diperoleh x 10 Kode Modul : 1.10. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dan bahasa petunjuk KOMPETENSI DASAR : 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 3. menuliskan pokok-pokok laporan yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan 4. menulis laporan tentang kegiatan yang telah dilakukan C. .Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. tulis bahasa petunjuk cara membuat jamu tradisionil 2. peragakan cara membuat jamu yang sesuai dengan isi petunjuk D.Materi Pelajaran Uraian materi Bahasa Petunjuk dibuat selain untuk diri sendiri, juga untuk orang lain. Oleh karena itu, bahasa petunjuk harus berciri sebagai berikut: (1) memaparkan kegiatan yang harus dilakukan dari awal hingga akhir secara berurutan (2) bahasa lugas, tidak bermakna ganda (3) rinci,jelas, dan mudah dipahami (4) setiap ganti tahapan harus ada indikator yang jelas Contoh : Cake Pisang A. Bahan yang diperlukan 100 gram telur ayam 20 gram gula halus atau pemanis tapioka 100 gram pisang ambon 1 ujung endok teh soda kue 50 gram tepung terigu ½ sendok teh air jeruk nipis 20 gram margarin dicairkan 5 gram margarin untuk mengoles B. Cara membuat 1. Kocoklah telur ayam dan pemanis dengan mixer sampai kaku 2. Sambil mengocok telur, haluskanlah pisang dengan garpu. Masukkanlah pisang tadi ke dalam adonan telur sambil diaduk dengan mixer sebentar 3. Campurkanlah soda kue pada tepung terigu dan ayaklah bersama, lalu masukkan ke dalam adonan telur. Aduklah dengan sendok kayu pelan-pelan sampai rata, masukkanlah jeruk nipisnya 4. Letakkanlah margarin. Setelah dingin, masukkanlah ke dalam adonan sambil diaduk rata 5. Ambillah cetakan kaleng yang telah diolesi dengan margarin, lalu tuanglah adonan ke dalanmya. Pangganglah dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu sampai mencapai panas sedang. Lama memanggang 30 menit. Setelah masak, langsung keluarkanlah dari cetakan dan dinginkanlah. C. Hasil Cake pisang yang telah matang dapat dipotong menjadi delapan bagian yang sama besar. Setiap potong mengandung 92 kalori E. Kerjakan tugas dibawah ini : A. Bentuklah kelompok kerja yang berjumlah dua siswa, kemudian buatlah salah satu bahasa petunjuk untuk minuman berikut ini! (1) jamu beras kencur (6) jamu temulawak (2) STMJ (7) wedang jahe (3) jamu kunir asem (8) cabe lempuyang (4) kopi jahe (9) kopi susu (5) jamu mengkudu (10) gula asem B. Untuk pencarian materi, lakukan wawancara dengan orang di sekitarmu A. Buat bahasa petunjuknya, lekukan presentasi di depan kelas dengan cara yang satu membaca bahasa petunjuk, yang lainnya memeragakan G. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Paparan bahan Bahasa petunjuk Peragaan 1. lengkap, sesuai, ada rincian 2. lengkap, sesuai, tanpa rincian 3. tidak lengkap 1. lengkap, runtut, jelas 2. lengkap, runtut, tidak jelas 3. lengkap, tidak runtut 4. tidak lengkap, dpt dipahami 5. tidak sesuai 1. sesuai petunjuk, menjiwai 2. sesuai petunjuk, kurang menjiwai 3 2 1 5 4 3 2 1 2 1 3 5 2 jumlah 10 N = jumlah skor yang diperoleh x 10 Kode Modul : 1.11. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dan bahasa petunjuk KOMPETENSI DASAR : 4.2 Menulis surat dinas berkenan dengan kegiatan sekolah dan sistematika yang tepat dan bahasa baku ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas baik secara teoritis maupun praktik dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. menunjuk bagan surat dinas 2. menjelaskan ciri-ciri setiap bagan surat dinas 3. menulis surat dinas sesuai dengan kepentingannya C. .Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. unjukan bagan surat dinas 2. jelaskan ciri-ciri setiap bagan surat dinas 3. tulis surat dinas sesuai dengan kepentingannya D.Materi Pelajaran Uraian materi Surat dinas atau surat resmi dibuat untuk keperluan sebuah lembaga, baik itu lembaga pemerintah atau lembaga swasta. Yang membedakan surat dinas dengan surat pribadi adalah adanyan kop surat, perihal, lampiran, isi, nomor surat, dan cap surat (stempel). Surat dinas menggunakan bahasa resmi atau bahasa baku. Aturan penulisannya berstandar nasional. Contoh Pemerintah Kabupaten Tulungagung Dinas Pendidikan SMPNegeri 1 Arumdalu (1) Jalan raya Arumdalu 124, Tengahmalam 1 Juli 2013 (2) Nomor : 800/124/I04.24/2013 (3) ` Lampiran : - (4) Perihal : Undangan rapat dinas (5) Yth. Bapak/Ibu Guru SMPN 1 Arumdalu (6) Jalan Raya Arumdalu 124 Tengahmalam Dengan Hormat, (7) Mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada …. (8) Hari, tanggal : Rabu, 3Juli 2013 Tempat : ruang guru Jam : 08.00 Keperluan : rapat dinas tentang pembagian tugas mengajar Demikian surat undangan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami sampaikan terima kasih Kepala Sekolah, (9) Drs. Sukartidur NIP 19681105 199003 1 007 Tembusan: (10) Yth. 1. .... Penjelasan: (1) kop surat, menyebutkan nama dan alamat lembaga (2) tanggal pengiriman, tanpa tempat pengiriman (3) nomor surat, dibuat sesuai dengan urutan (4) lampiran, menyebutkan jumlah surat yang disertakan (5) perihal, merupakan topik surat, digarisbawahi (6) alamat surat, untuk yang dikirimi, tanpa kepada (7) salam pembuka (8) isi surat, penjabaran perihal, menggunakan bahasa baku (9) penanggung jawab surat, hanya pimpinan yang diberi cap surat (10) tembusan, untuk pihak ketiga yang wajib mengetahui E. Kerjakan tugas dibawah ini : A. Tugas kelompok Amatilah surat dinas berikut ini, kemudian sebutkan bagan-bagannya, serta deskripsikan ciri penulisannya Buatlah surat dinasnya sesuai isi ilustrasi berikiut ini! (1) kamu sebagai ketua OSIS mengundang semua pengurus OSIS untuk hadir sebagai penyaji materi pada kegiatan Pondok Ramadhan (2) kamu sebagai ketua OSIS yang ingin mengajak pertandingan persahabatan dengan sekolah terdekat (3) kamu sebagai ketua OSIS ingin meminjam gedung kelurahan untuk kegiatan bazar pada peringatan HUT RI selama tiga malam (4) kamu sebagai ketiua OSIS memberitahukan kepada pembina OSIS bahwa OSIS akan mengadakan rapat rutin pada hari Senin mendatang (5) kamu sebagai ketua OSIS memberitahukan kepada wali murid bahwa akan mengadakan Persami di sekolah dan semua siswa wajib mengikuti (6) kamu sebagai ketua OSIS membalas surat ajakan pertandingan persahabatan dengan sekolah terdekat yang isinya menyetujui B. Tugas mandiri ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) SMP NEGERI ANGKASA PURA JL. AWANG-AWANG 15, KAHYANGAN 15 Juli 2013 Nomor : 900/104/OSIS/2013 Lampiran : satu lembar Perihal : Penyaji materi pada Pondok ramadhan Yth. Sdr. Indra Surya Wicaksono Pengurus OSIS SMPN Angkasa Pura Jl. Awang-Awang 15, Kahyangan Dengan Hormat, Diberitahukan bahwa kegiatan Pondok Ramadahan dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d. 26 Juli 2013. Pada kegiatan tersebut, Saudara ditunjuk sebagai penyaji materi dan hadir sesuai dengan jadwal. Bersama ini kami lampirkan pula jadwal pelaksanaan Pondok Ramadhan. Demikian pemberithuan kami dan mohon untuk dilaksanakan. Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih. Ketua, Boma Nalakasura G. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Mendeskripsikan bagan Menulis surat 1. lengkap, sesuai, penjelasan betul 2. lengkap, sesuai, tanpa penjelasan 3. tidak lengkap, sesuai, ada penjelasan 4. tidak lengkap, tanpa penjelasan 1. isi sesuai, bagan betul 2. isi sesuai, bagan tidak lengkap 3. bagan lengkap, isi tidak sesuai 4. isi tidak sesuai, bagan tidak lengkap 1. penulisan betul semua 2. penulisan betul 75% 3. penulisan betul 50% 4. penulisan betul <50% 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 4 4 jumlah 12 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Kode Modul : 1.13. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran KOMPETENSI DASAR : 6.1 bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa 6.2 bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. membacakan dialog dengan lafal dan intonasi yang menghayati 2. bermain peran dalam drama satu babak dengan penuh penghayatan C. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 4. baca dialog dengan lafal dan intonasi yang menghayati 5. main peranlah dalam drama satu babak dengan penuh penghayatan D.Materi Pelajaran A. Untuk meningkatkan kemampuanmu berdialog, bacakan kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang menghayati 1. Ya, tentu dong! Itu kan sudah program rutin yang kita laksanakan setahun sekali. Begitu kan, teman-teman? 2. Yan, kalau boleh saya tahu, apa sih yang akan kita laksanakan? 3. Oh, kamu Ning? Selamat, ya! Semoga sukses. Lantas, materi apa saja yang akan kita berikan kepada peserta Diklatsar? 4. Ning, saya usul boleh, kan? 5. Teman-teman, saya setuju dengan usul Hani! Bagaimana kalau materi ini kita berikan, baik secara teori maupun praktik? 6. Wah, besok kita latihan lagi, ya? Bu Rosida sudah menunggu-nunggu. 7. Nah, ini lagu kesayanganku! Bin, tolong besarkan volumenya. 8. Apakah Dessy akan mengeluarkan album baru? 9. Hore, aku dapat hadiah. Terima kasih, Ayah. 10. Wah, celaka aku ketahuan ibu. 11. Tolong... tolong.. ada maling! 12. Kurang ajar kamu! Berani-beraninya kamu menipu saya. 13. Maaf, Bu. Aku tidak akan mengulang lagi perbuatanku. Aku khilaf. 14. He, siapa kamu. Maling, ya! 15. Aduh, salah lagi. Gimana ya caranya? 16. Nah, itu baru benar. Ayo, coba sekali lagi! 17. Anak-anak, mau dengar nasihat ibu? 18. Gila! Masak bensin dicampur dengan air? 19. Apa? Heru terkangkap polisi? Celaka! Bagaimana nasib anakku? 20. Aduh ... aduh sakit banget. Diobati apa enaknya? E. Kerjakan tugas dibawah ini : Instrumen B. Untuk meningkatkan kemampuanmu berdialog, bacakan kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang menghayati 21. Ya, tentu dong! Itu kan sudah program rutin yang kita laksanakan setahun sekali. Begitu kan, teman-teman? 22. Yan, kalau boleh saya tahu, apa sih yang akan kita laksanakan? 23. Oh, kamu Ning? Selamat, ya! Semoga sukses. Lantas, materi apa saja yang akan kita berikan kepada peserta Diklatsar? 24. Ning, saya usul boleh, kan? 25. Teman-teman, saya setuju dengan usul Hani! Bagaimana kalau materi ini kita berikan, baik secara teori maupun praktik? 26. Wah, besok kita latihan lagi, ya? Bu Rosida sudah menunggu-nunggu. 27. Nah, ini lagu kesayanganku! Bin, tolong besarkan volumenya. 28. Apakah Dessy akan mengeluarkan album baru? 29. Hore, aku dapat hadiah. Terima kasih, Ayah. 30. Wah, celaka aku ketahuan ibu. 31. Tolong... tolong.. ada maling! 32. Kurang ajar kamu! Berani-beraninya kamu menipu saya. 33. Maaf, Bu. Aku tidak akan mengulang lagi perbuatanku. Aku khilaf. 34. He, siapa kamu. Maling, ya! 35. Aduh, salah lagi. Gimana ya caranya? 36. Nah, itu baru benar. Ayo, coba sekali lagi! 37. Anak-anak, mau dengar nasihat ibu? 38. Gila! Masak bensin dicampur dengan air? 39. Apa? Heru terkangkap polisi? Celaka! Bagaimana nasib anakku? 40. Aduh ... aduh sakit banget. Diobati apa enaknya? C. Bermain drama 1. Bentuk kelompok kerja yang berjumlah empat siswa! 2. Pilihlah salah satu naskah di bawah ini! a. Buih dan Gelembung (Barokah3 hlm 63) b. Orang Asing (Yudha 57) c. Orang-Orang Kasar (Yudha 84) d. Majalah Dinding (Yudha 87) e. Mari Bersihkan Lingkungan (Yudha 98) 3. Bagi peran dengan kelompokmu! 4. Baca naskah dan hayati peranmu! Lakukan berkali-kali untuk menemukan penghayatan 5. Mainkan drama tersebut di depan kelas, suruh kelompok lain memberi tanggapan! . Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Membaca dialog Bermain peran 1. lafal tepat, intonasi tepat, ada penghayatan 2. ada penghayatan, intonasi tepat, lafal tidak tepat 3. lafal tepat, intonasi tepat, tanpa penghayatan 4. lafal & intonasi kurang tepat, tanpa penghayatan 1.1 bersungguh-sunguh 1.2 kurang bersungguh-sungguh 1.3 asal-asalan 2. 1 dengan penghayatan 2.2 tanpa penghayatan 3. 1.pelafalan & intonasi pas 3.2 pelafalan & intonasi ada kesalahan 3.3 pelafalan & intonasi banyak salah 4 3 2 1 3 2 1 2 1 3 2 1 4 3 2 3 jumlah 12 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Kode Modul : 1.14. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 7. Memahamii teks drama dan novel remaja KOMPETENSI DASAR : 7.2 membuat sinopsis novel remaja ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. menyebutkan tokoh utama cerita 2. menyebutkan latar cerita 3. menyebutkan urutan kejadian (alur cerita) secara lengkap 4. menuliskan sinopsis dengan akurat C. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. sebutkan tokoh utama cerita 2. sebutkan latar cerita 3. sebutkan urutan kejadian (alur cerita) secara lengkap 4. tuliskan sinopsis dengan akurat D.Materi Pelajaran 1.Unsur intrinsik cerpen Bertengkar Berbisik karya M Kasim yang meliputi ... a. tokoh b.latar c. alur d. sinopsis \ E. Kerjakan tugas dibawah ini : Bacalah cerpen di atas, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini! (1) Apa judul cerpen tersebut? (2) Siapa saja pelaku cerita itu? (3) Di manakan peristiwa dalam cerita? (4) Kapan terjadinya peristiwa dalam cerita? (5) Sebutkan urutan kejadian dalam cerita tersebut dari awal sampai akhir cerita! 6) Berdasarkan jawabanmu nomor (1), (2), (3), (4), dan (5); buatlah sinopsis cerita tersebut! F. Pedoman penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 3 Menemukan tokoh/ pelaku Menemukan latar Menyebutkan alur Menulis sinopsis 1. lengkap, rinci, akurat 2. lengkap, akurat, tak rinci 3. lengkap 4. tak lengkap 1. latar waktu 2. latar tempat 1. lengkap, runtut, akurat 2. lengkap, akurat, tidak runtut 3. runtut, akurat, tak lengkap 4. tak lengkap, tak akurat, runtut 1. lengkap, runtut, akurat, mudah dipahami 2. lengkap, runtut, mudah dipahami, tak akurat 3. lengkap, tak runtut, sulit dipahami 4. tak lengkap, sulit dipahami 4 3 2 1 1 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 2 4 4 jumlah 14 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Kode Modul : 1.15. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui menulis naskah drama KOMPETENSI DASAR : 8.1 Menuliskan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. membuat rancangan cerita dengan menyebutkan tema, tokoh, latar, alur 2. menulis sisnopsis cerita yang sesuai dengan rancangan 3. menulis naskah drama yang seuai dengan kaidah penulisan C. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. \buat rancangan cerita dengan menyebutkan tema, tokoh, latar, alur 2. Tulis sisnopsis cerita yang sesuai dengan rancangan 3. Tulis naskah drama yang seuai dengan kaidah penulisan D.Materi Pelajaran D. Untuk meningkatkan kemampuanmu berdialog, bacakan kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang menghayati 41. Ya, tentu dong! Itu kan sudah program rutin yang kita laksanakan setahun sekali. Begitu kan, teman-teman? 42. Yan, kalau boleh saya tahu, apa sih yang akan kita laksanakan? 43. Oh, kamu Ning? Selamat, ya! Semoga sukses. Lantas, materi apa saja yang akan kita berikan kepada peserta Diklatsar? 44. Ning, saya usul boleh, kan? 45. Teman-teman, saya setuju dengan usul Hani! Bagaimana kalau materi ini kita berikan, baik secara teori maupun praktik? 46. Wah, besok kita latihan lagi, ya? Bu Rosida sudah menunggu-nunggu. 47. Nah, ini lagu kesayanganku! Bin, tolong besarkan volumenya. 48. Apakah Dessy akan mengeluarkan album baru? 49. Hore, aku dapat hadiah. Terima kasih, Ayah. 50. Wah, celaka aku ketahuan ibu. 51. Tolong... tolong.. ada maling! 52. Kurang ajar kamu! Berani-beraninya kamu menipu saya. 53. Maaf, Bu. Aku tidak akan mengulang lagi perbuatanku. Aku khilaf. 54. He, siapa kamu. Maling, ya! 55. Aduh, salah lagi. Gimana ya caranya? 56. Nah, itu baru benar. Ayo, coba sekali lagi! 57. Anak-anak, mau dengar nasihat ibu? 58. Gila! Masak bensin dicampur dengan air? 59. Apa? Heru terkangkap polisi? Celaka! Bagaimana nasib anakku? 60. Aduh ... aduh sakit banget. Diobati apa enaknya? \ E. Kerjakan tugas dibawah ini : A. Pemahaman materi 1. Cermatilah teks drama berikut ini, kemudian tentukan ..... a. sinopsis b. tokoh cerita c. latar cerita d. alur cerita e. tema f. amanat 2. Bersama kelompok kerjamu, tulislah teks drama satu babak dengan langkah sebagai berikut a. membuat rancangan cerita yang berupa tokoh, latar, dan alur cerita b. menulis sinopsis c. mengubah sinopsis menjadi teks drama G. Pedoman Penilaian 1. Analisis teks drama merupakan sarana untuk memahami cara penuisan teks drama. Oleh karena itu, kegiatan tersebut tidak dinilai 2. Penilaian menulis teks drama No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Memaparkan tokoh Memaparkan latar 1. jelas, terinci ciri phisik dan psikis 2. jelas, terinci ciri phisik 3. samar-samar 4. tak jelas (mengambang) 1. ada latar waktu 2. ada latar tempat 3. ada latar suasana 4 3 2 1 1 1 1 4 3 No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 3 4 5 Memaparkan alur cerita Memaparkan sinopsis Menulis naskah 1. ada perkenalan 2. ada konflik 3. ada intrik 4. ada peleraian 5. ada penyelesaian 1. lengkap, akurat, mudah dipahami 2. lengkap, akurat, sulit dipahami 3. akurat, tak lengkap, sulit dipahami 4. tak lengkap, sulit dipahami 1. sesuai aturan, lengkap 2. sesuai aturan, hanya dialog 3. tidak dibedakan antara dialog dan narasi 4. berbentuk narasi 1 1 1 1 1 4 3 2 1 4 3 2 1 5 4 4 jumlah 20 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Kode Modul : 1.16. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 5. Mengapresiasi pementasan drama KOMPETENSI DASAR : 5.1 menanggapi unsur pementasan drama ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. menyebutkan tokoh cerita yang terlibat di dalamnya 2. menyebutkan latar cerita dengan lengkap 3. menyebutkan urutan kejadian (alur) cerita dengan runtut C. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. Sebutkan tokoh cerita yang terlibat di dalamnya 2. Sebutkan latar cerita dengan lengkap 3. Sebutkan urutan kejadian (alur) cerita dengan runtut D.Materi Pelajaran 2. Unsur drama yang meliputi ... (a) tokoh cerita (b) latar cerita (c) alur cerita E. Kerjakan tugas dibawah ini : Instruman 1. Bentuk kelompok kerja yang berjumlah 4 orang 2. Bagi tugas anggota kelompok untuk mengamati unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, dengan pembagian sebagai penulis, pengamat tokoh,pengamat latar, dan pengamat alur 3. Diskusikan temuanmu masing-masing, jadikan tulisan analisis tentang unsur intrinsik drama 4. Presentasikan tulisanmu di depan kelas, suruh kelompok lain memberikan tanggapan 5. Berdasarkan hasil tanggapan dari kelompok lain, sempurnakan tulisanmu 6. Pajang tulisanmu di papan yang disediakan B. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 3 Analisis tokoh Analisis latar Analisis alur 1. lengkap, analisis akurat 2. lengkap, analisis kurang akurat 3. tidak lengkap, kurang akurat 4. tidak lengkap, tanpa anlisis 1. lengkap, analisis akurat 2. lengkap, analisis kurang akurat 3. tidak lengkap, kurang akurat 4. tidak lengkap, tanpa anlisis 1. lengkap, analisis akurat 2. lengkap, analisis kurang akurat 3. tidak lengkap, kurang akurat 4. tidak lengkap, tanpa anlisis 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 4 4 jumlah 12 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Kode Modul : 1.17. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : 7. Memahamii teks drama dan novel remaja KOMPETENSI DASAR : 7.1 mengidentifikasi unsur intrinsik naskah drama ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. membuat sinopsis drama 2. menyebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi tokoh, 3. menyebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi latar. 4. menyebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi amanat. 5. menyebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi tema. C. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. buat sinopsis drama 2. sebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi tokoh, 3. sebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi latar. 4. sebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi amanat 5. menyebutkan unsur intrinsik drama yang diperdengarkan, yang meliputi tema D.Materi Pelajaran Ken Arok Menurut kitab Pararaton, Ken Arok dilahirkan di daerah yang saat ini adalah Malang pada abad ke-13. Bayi Ken Arok ditelantarkan di sebuah makam, hingga akhirnya diasuh oleh seorang pencuri bernama Lembong. Ken Arok Muda dikenal sebagai penjudi, hingga membebani orang tuanya hutang yang banyak. Pada waktu itu, Tumapel merupakan daerah kekuasaan bawah Kerajaan Kadiri. Penguasa Tumapel adalah Tunggul Ametung, yang memiliki istri bernama Ken Dedes. Kondisi politik Kadiri waktu itu juga sedang kacau. Kertajaya dikenal sebagai raja yang kejam, bahkan meminta rakyat untuk menyembahnya. Hal ini ditentang oleh para Brahmana. Ken Arok kemudian menjadi prajurit yang mengabdi kepada Tunggul Ametung di Tumapel. Ken Arok sangat menginginkan menjadi raja dan memperistri Ken Dedes. Akhirnya Ken Arok memesan sebuah keris pada Mpu Gandring untuk membunuh Tunggul Ametung. Mpu Gandring menolak menyelesaikan pembuatan keris tersebut hingga Ken Dedes yang waktu itu mengandung, melahirkan putranya. Ken Arok tidak mau tahu, hingga pada suatu saat ketika mengetahui pembuatan keris belum juga selesai, Ken Arok menusuk Mpu Gandring dengan keris yang belum jadi hingga tewas. Sekembalinya di Tumapel, Ken Arok merencanakan strategi selanjutnya. Ken Arok memanfaatkan Kebo Ijo, seorang figur yang suka pamer dan menyombongkan diri. Ken Arok meminjamkan keris buatan Mpu Gandring kepada Kebo Ijo, yang tentu saja kemudian dipamerkan ke setiap orang. Pada suatu saat, Ken Arok membunuh Tunggung Ametung, dan rakyat Tumapel menyalahkan Kebo Ijo. Dalam langkahnya untuk melakukan kudeta terhadap Tunggul Ametung, Ken Arok mendapat dukungan dari para pendeta Hindu Wisnu yang menganggap Ken Arok dapat mengembalikan kejayaan Hindu Wisnu Ken Arok kemudian menjadi pengganti suksesor Tunggul Ametung dengan dukungan rakyat Tumapel. Ken Dedes pun menjadi istri Ken Arok. Ia dimahkotai dengan gelar Sri Rajasa Batara Sang Amurwabumi. Tak lama kemudian, Ken Dedes melahirkan puteranya hasil perkawinannya dengan Tunggul Ametung, yang diberi nama Anusapati. Sementara itu, hasil perkawinan Ken Arok dan Ken Dedes membuahkan anak bernama Mahesa Wong Ateleng, Panji Saprang, Agnibhaya dan Dewi Rimbu. Dari selir bernama Ken Umang, Ken Arok memiliki anak bernama Tohjaya, Panji Sudhatu, Panji Wergola dan Dewi Rambi. Langkah selanjutnya adalah penyerbuan ke pusat Kerajaan Kadiri. Ken Arok memanfaatkan situasi politik yang kurang kondusif waktu itu, dan beraliansi dengan para brahmana karena tidak setuju pada kehendak Sri Kertajaya yang ingin mendewakan diri dan disembah selayaknya para dewa. Raja Kertajaya yang juga dikenal dengan nama Prabu Dandang Gendis, akhirnya dapat dikalahkan pada tahun 1222 dalam perang Ganter, dan sejak itu tamatlah riwayat Kerajaan Kadiri, kerajaan yang didirikan oleh Airlangga. Ken Arok kemudian mendirikan kerajaan yang dikenal dengan nama Singhasari. Ia sendiri bergelar Sri Ranggah Rajasa Bhatara Amurwabhumi, dan memerintah hanya dalam kuru waktu lima tahun (1222 — 1227). Ketika Anusapati telah cukup dewasa, ia mengetahui bahwa pembunuh ayahnya (Tunggul Ametung) adalah Ken Arok. Melalui tangan seorang pengalasan dari desa Batil, Anusapati memerintahkan pembunuhan terhadap Ken Arok. Akhirnya pada tahun 1227 ia membunuh Ken Arok, dan kemudian Anusapati membunuh pengalasan tersebut sebagai tindakan untuk menutup mulut. Sang Anusapati kemudian menjadi suksesor Kerajaan Singhasari. Ken Arok dicandikan di Kagenengan, candi ini merupakan candi tertua diantara dua[uluh tujuh candi keluarga wangsa Rajasa, wangsa yang didirikan oleh Ken Arok yang menjadi cikal-bakal raja raja di tanah Jawa. E. Kerjakan tugas dibawah ini : Instrumen Instrumen 1. Bacalah teks drama berikut ini untuk menemukan (a) tokoh, (b) latar, (c) alur, (d) tema dan amanat. Kemudian tuliskan sinopsisnya! 2. Bacakan tulisanmu di depan kelas untuk ditanggapi oleh kelompok lain! 3. Berdasarkan tanggapan kelompok lain, sempurnakan tulisanmu! 4. Pajang tulisanmu di papan yang tersedia! E. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 Analisis tokoh Analisis latar Analisi alur Menulis simopsis 1. lengkap, akurat, terinci 2. lengkap, akurat, tak dirinci 3. lengkap, kurang akurat 4. tak lengkap 1. lengkap, akurat, terinci 2. lengkap, akurat, tak dirinci 3. lengkap, kurang akurat 4. tak lengkap 1. lengkap, akurat, terinci 2. lengkap, akurat, tak dirinci 3. lengkap, kurang akurat 4. tak lengkap 1. akurat, runtut, mudah dipahami 2. akurat, tak runtut, dpt dipahami 3. akurat, tak runtut, sulit dipahami 4. tak kurat 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 4 4 4 jumlah 16 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Kode Modul : 1.17. 12.3 / BI / 2013 ________________________________________________________________________ NAMA SEKOLAH : SMP N I NGANTRU TULUNGAGUNG MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia KELAS / SEMESTER : VIII / 1 STANDAR KOMPETENSI : Tatakalimat KOMPETENSI DASAR : Menggunakan kalimat baku ALOKASI WAKTU : 2 X 40 menit GURU MATA PELAJARAN : Widwi Astuti S.pd. A.Petunjuk 1.Bacalah modul ini dengan seksama 2.Jika ada yang kurang kamu pahami mintalah petunjuk guru 3.Kerjakan tugas-tugas dengan benar 4.Jika kamu telah mengikuti semua kegiatan belajar dan mengerjakan tugas lapor- kan hasilmu pada guru untuk dikoreksi 5.Mintalah tes formatif 6.Jika tes kamu lulus dengan nilai minimal 75 kamu akan mempelajari modul berikutnya,namun jika belum lulus kamu harus mengulang mempelajari modul ini B.Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari modul ini kamu dapat : 1. Mengubah dialog ragam bahasa tak baku menjadi dialog ragam bahasa baku 2. memilih kata baku yang ada pada kalimat 3. membetulkan kalimat tak baku menjadi kalimat baku C. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. ubah dialog ragam bahasa tak baku menjadi dialog ragam bahasa baku 2. pilih kata baku yang ada pada kalimat 3. betulkan kalimat tak baku menjadi kalimat baku D.Materi Pelajaran 1. kata baku 2. kebakuan penulisan 3.kalimat baku E. Kerjakan tugas dibawah ini : 1. Menemukan kata baku (pertemuan pertama) a. Ubahlah dialog berikut menjadi dialog berbahasa baku! “Masak sih kamu marahan sama dia?” “Habis, gimana lagi. Hampir aja ia saya tonjok kemarin.” “Sampai begitu?” “Sudah keseringan sih. Lagian, yang bener aja, gitar saya jadi ancur-ancuran. Nggak jelas lagi alasannya. Katanya sih, dipinjami lagi sama saudaranya.” “Tapi, kamu kan udah lama sobatan sama dia.’ “Yang bener aja, dia aja dapat minjem, kok dipinjemin lagi. Kayaknya nggak bertang-gung jawab.” “Itukah yang bikin atimu kesel?” “Ya, aku jengkel banget. Sampe mati, aku takkan ampunin dia.” 2. Memilih bentuk baku (pertemuan kedua) Pilihlah bentukan bakunya untuk kata yang ada dalam kurung berikut ini! 1. Setiap hari (Senen/Senin) ibu saya antar ke rumah sakit untuk terapi (akupunktur/ akupungtur) 2. Sehabis terapi, kami singgah ke (apotik/apotek) untuk membeli obat. 3. Dua minggu aku tidak masuk kerja karena (cidera/cedera) lutut. 4. Sebagai seorang (aparat/aparatur) negara, kami harus selalu (kosekwen/konsekuen) dalam menjalankan tugas. 5. Karena (sistem/sistim) kerjanya kurang baik, pompa air ini tidak dapat manghasilkan secara (maksimal/maximal) 6. Ayam (petelur/petelor) yang (produktivitas/produktifitas)-nya menurun, harus segera diremajakan. 7. Setiap (Saptu/Sabtu) pagi kami berlatih (drum band/drumben) di depan (museum/ musium) Tantular. 8. Di depan sekolahku berdiri usaha (fotokopi/photocopy) on line. Yang berminat dapat memesan lewat (telephone/telefon) atau email. 9. Usaha itu cepat berkembang karena didukung oleh (management/manajemen) yang baik 10. Kata ustad yang (berkhutbah/berkhotbah) di hari (Jum’at/Jumat), orang yang suka menipu akan (dilaknat/dila’nat) Allah. 3. Mengubah menjadi bahasa baku (pertemuan ketiga) Jadikan kalimat baku untuk bentukan berikut ini! 1. Kepada yang namanya tercantum di bawah ini dimohon datang ke kantor 2. Di kampung kami membangun jembatan penghubung ke desa sebelah 3. Kita belum kenalan, siapa namanya, Dik? 4. Para hadirin yang masih berada di luar dimohon masuk ke dalam karena acara segera dimulai 5. Mayoritas guru-guru kami berijazah sarjana. 6. Di lain kesempatan saja diskusi ini kita lanjutkan! 7. Suhubungan dengan guru kami akan rapat, kami dipulangkan 8. Jangan kedepanan, nanti terinjak kuda. 9. Yang merasa depan sendiri diharap mundur ke belakang 10. Untuk mempersingkat waktu, acara kita mulai dengan ucapan basmallah 11. Untuk nuju ke sekolahku cukup ditempuh dengan jalan kaki 12. Sehabis sholat Ashar kami main sepak bola di lapangan 13. Karena keseringan membolos, dia dirumahkan untuk beberapa hari 14. Jangan nangis, Nak. Sebentar lagi ibumu datang 15. Pemerintah mendirikan pusat-pusat koperasi di desa untuk mengejar ketinggalan di bidang ekonomi H. Pedoman Penilaian No. Aspek yang dinilai Kriteria Skore Maks 1 2 3 Mengubah menjadi dia log berbahasa baku Menemukan bentuk baku Menjadikan kalimat baku Betul > 80% Betul 60% - 79% Betul 45 – 59% Betul < 50% Betul > 80% Betul 60% - 79% Betul 45 – 59% Betul < 50% Betul > 80% Betul 60% - 79% Betul 45 – 59% Betul < 50% 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 4 jumlah 12 N = Jumlah skor x yang diproleh x 100 Skor masimal Mengetahui: Guru mata pelajaran Kepala Sekolah Drs. AGUS SUNARYO,M.M. WIDWI ASTUTI S.pd. Pembina Tk. 1 NIP 19720504 200801 2018 NIP 19640711 198903 1 013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja

Setangkai Mawar Kuning