AGAR MENGENA IKUTI GAYA MEREKA

AGAR MENGENA IKUTI GAYA MEREKA 
Tung Widut


   
  Perkembangan teknologi semakin maju.Melaju tak terkendali oleh akal manusia secara awam. Kemajuam teknologi tak mungkin dibendung karena bagi pelaku bisnis sangat memerlukan adanyaperkembangan teknologi. Seiring dengan perkembangan teknologi sebagai pendidik harus mempunyai sikap yang lebih bijak. Berusaha mengyiapkan siswa untuk siap mengahadapi perkembangan teknologi dengan bijak pula. Tetap mengikutiperkembangan teknologi tanpa melupakan karakter asli sebagai bangsa Indonesia.
    Bangsa besar yang tak pernah melupakan sejarah sebagai wujud terimakasih dan rasa bangga terhadap bangsa sebagai warga negara Indonesia. 
    Para siswa mengagumi setiap banyaknya kemajuan teknologi terutama aplikasi baru. Aplikasibaru yang selalu bermunculan bagai jamur dimusim hujan.Aplikasi baru ini sebenarnya peluang untuk mendorong mereka menggunakan aplikasi dengan isian yangsesuai dengan tujuan. Sebenarnya aplikasi apa yang menarik bagi para siswa? Melalui media apa yang paling mereka sukai? Bagaimana cara agar siswa mencintai bahasa Indonesia?
     Dari berbagai aplikasi yang digunakan siswa WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan oleh 100% siswa. WhatsApp atau biasa disebut dengan WAsaja digunakan oleh semua siswa. Mereka menggunakan dalam bentuk chat privad maupun untuk sebuah grup. Tetapi seperti alikasi lain pastilah WA mempunyaikekurangan dan kelebihan.
 Kelebihan WA : 
1. Kontak yang ada di hp akan otomatis sinkronisasi 
2. Mudah digunakan 
3. Kustomisasi yang mudah 
4. Hadirnya back upchat 
5. Tersedia fitur stories

 Kurangannya:
 1. Emoticion yang kurang menarik 
2. Sering minta update 
3. Volume data yang cukup besar. 
    WA ini digunakan sebagai aplikasi wajib untuk menajlin komonikasi. Selain Wa tentu masih mengincar bentuklain yang menyenangkan bagi siswa. Salah satu bentuk yang yang menarik melalui video. Bentuk video dengan mengunakan berbagai aplikasi. Bentuk video ini yangtidak hanya di gunakan dalam tugas saat pembelajaran dengan materi tertentu.Tapi saat untuk hari-hari khusus. Hari khusus seperti saat ini memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda. Pembuatan video ini dibentuk dalam lomba untuk menggantikan kegiatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda yang tidak bisa dilakukan karena pandemi. Hasilnya sangat bagus. Sembilan dari berbagai semua jurusanmengirimkan video dengan tema Cinta Bahasa Indonesia. 
    Sembilan video yang dikirim tujuh video dikerjakan secara kelompok dengan kreatifitas yang berbeda. Kelas X TOT2 sebagai pemenang dengan mengusung kapal kertas bertuliskan Bahasa Indonesia sebagai media penyampaikan ide. Latar belakang siswa yang memakai serangam kapal meluncur kepada temanya yang sedang mencari rumput. Kesimpulan makna yang disampaikan Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa.  
    Nominasi yang tidak kalah menarik dari XII TAB 1. Menyampaikan kebiasaan siswa saat di rumah yang mengunakan Bahasa Jawa. Pada saat santai mereka menggunakan Bahasa Indonesia yang tidak baku. Saat di sekolah bersepakat menggunakan Bahasa yang baik sebisa mungkin. Lomba video dalam memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah pembuda dengan tema mencintai bahasa Indonesia siswa secara mandiri mencari makna mencintai Bahasa Indonesia. 
    Pemahaman yang didapat dipadu dengan ide yang kemiudian tertuang dalam sebuah karya video. Semua proses memperingati hari


Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda menggunakan kecangghan teknologi mengunakan WA, berbagai aplikasi yang digunakan siswa dalam membuat video , video, dan IG. Salam Literasi Sumber: https://www.nesabamedia.com/kelebihan-dan-kekurangan-whatsapp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja