uts
KISI-KISI ULANGAN
TENGAH SEMESTER GANJIL
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP N 1 NGANTRU WAKTU : 60 MENIT
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA TAHUN
PELAJARAN : 2013 - 2014
KELAS : IX
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TK.KESUKARAN
|
BENTUK SOAL
|
NO.
SOAL
|
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
1.1 Menyimpulkan dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan
televisi/siaran radio
|
Penyimpulan dialog interaktif
|
·
Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan
alasan logis
.
|
SK
|
PG
|
3
|
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada
tayangan televisi/siaran radio
|
Memberikan komentar pendapat nara sumber
|
Disajikan dialog interaktif, siswa mampu :
·
Menemukan pokok informasi.
·
Menentukan isi dialog interaktif.
|
Md
SD
|
PG
PG
|
1
2
|
|
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
komentar dan laporan
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca
memindai
|
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya(seni atau produk) dengan bahasa
yang
lugas dan santun
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan
kalimat yang jelas
|
Mengkritik/memuji suatu karya
Penyusunan laporan secara lisan
|
Disajikan sebuah ilustrasi,siswa dapat :
·
Memberikan pujian
·
Menggunakan bahsa kritikan yang santun
·
Mengkritik dan memuji
· Menyimpulkan
isi laporan
· Menentukan peragraf yang berisi laporan.
|
SD
SK
SK
Md
SD
|
PG
PG
URAIAN
PG
PG
|
4
5
E
24
25
|
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari
indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
|
Membedakan fakta dan opini
Menemukan indeks buku
|
Disajikan teks iklan siswa mampu:
·
Mendata opini yag ada dalam teks iklan.
*Mendata fakta
yang ada dalam teks iklan.
* Menyimpulkan isi iklan
*Menulis iklan baris
Menemukan informasi dari indeks buku.
|
Md
MD
SD
SD
SD
SD
SD
|
PG
PG
PG
URAIAN
PG
|
6
7
8
A
21
22
23
|
|
4. Menggungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,resensi, dan
karangan
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat,dan jelas
|
Menulis iklan baris
|
Disajikan ilustrasi siswa mampu :
·
Menulis iklan baris suatu obyek dengan bahasa
yang singkat, padat dan jelas
·
Mengetahui maksud iklan baris
·
Menulis fakta dan opini dalam iklan
|
SD
Md
SD
|
PG
PG
URAIAN
|
11
12
D
|
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan
syair
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek
(cerpen
|
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
Menganalisis unsur-unsur syair
|
Disajikan syair, siswa dapat :
·
Menentukan tema syair
·
Menentukan pesan syair
·
Menentukan tema dan amanat
·
Menganalisis cirri-ciri syair
|
Md
SD
SK
SD
|
PG
PG
URAIAN
URAIAN
|
9
10
B
C
|
7.1 Menemukan tema, latar, dan penokohan pada
cerpen- cerpen dalam satu kumpulan cerpen
|
Menganalisis
unsur-unsur cerpen
|
Disajikan
kutipan cerpen, siswa mampu :
·
Menemukan nilai-nilai kehidupan
·
Menemukan amanat cerpen.
·
Menemukan watak.
·
Menemukan latar tempat
·
Menentukan suasana
·
Menemukan konflik
|
SD
SD
SD
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
18
13
14
15
16
17
|
|
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen
dalam satu buku kumpulan cerpen
|
Menganalisis
nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
|
Disajikan
kutipan cerpen, siswa mampu :
·
Menemukan Nilai sosial dalam cerpen,
·
Menentukan nilai moral dalam cerpen
|
SK
SK
|
PG
PG
|
19
20
|
Mengetahui
Kepala UPTD SMPN 1 Ngantru Guru Mata Pelajaran,
Drs.
AGUS SUNARYO, M.M NIKEN PUSPARINI,S.Pd.
Pembina TK I NIP. 19610921 198403 2 007
NIP. 19640711 198903 1 013
KUNCI SOAL
PAKET B PILIHAN GANDA
I. Skor penilaian = 25
1.c 6,b 11.a 16.b 21.a
2.d 7.c 12.a 17.a 22.b
3.a 8.c 13.c 18.c 23.a
4.d 9.a 14.b 19.c 24.b
5.d 10.a 15.c 20.c 25.a
KUNCI SOAL
PAKET B URAIAN
A. Dibthkn
sgr. Pria maks 25 th,SLTA,single. Motor sendiri.sim C. Di bag pengiriman dan
penagihan.lam. ke CV Trisakti Jl. Imam Bonjol 38 Madiun.
B. Tema = Kesedihan
Amanat =
Menjadi seorang permaisuri sebaiknya tidak berbuat jahat,mestinya sebagai
panutan.
C. Ciri-ciri
syair = 1. Setiap bait
terdiri dari 4 larik/baris
2. Setiap baris terdiri dari 4-12 suku kata.
3. Bersajak a a a a
4, Keempat baris dalam satu bait merupakan
isi
D. Fakta = - Tasik Malaya
Elektronik berada di jln. Ahmad Yani no.370 Telp.(0334) 328203 Kediri.
- Tasik Malaya Elektronik sedia
Tv,Kulkas,VCD/DVD,Kipas Angin dll
Opini =
- Datang saja ke………
- Buktikan.
Harga Paling Murah.
-
Semua barang kebutuhan Anda tersedia di sini!
E Kritik = subyektif
Pujian =
subyektif
II. Skor penilaian = 15
A. Bahasa
singkat,komunikatif,alamat jelas 4
Bahasa singkat, kurang komunikatif,alamat
jelas 3
Bahasa singkat kurang komunikatif,alamat
kurang jelas 2
Komunikatif,singkatannya tidak jelas,alamat
salah 1
B. Tema dan
amanat benar 4
Tema benar amanat kurang lengkap 3
Tema kurang sesuai amanat benar 2
Amanat dan tema tidak benar 1
C. Ciri-ciri
syair lengkap dan benar 2
Ciri-ciri syair kurang lengkap 1
D. Fakta dan
opini benar 2
Fakta benar opini salah atau sebaliknya 1
E. Kritikan
dan pujian benar menggunakan bahasa yang lugas dan santun 3
Kritikan benar pujian kurang lengkap,
menggunakan bahasa yang lugas dan santun 2
Kritikan maupun pujian kurang benar 1
Jumlan skor soal
I = 25
Jumlah skor
soal II = 15
Jumlah = 40
$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$
PEMERINTAH KABUPATEN TULUNGAGUNG
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 NGANTRU
Jalan Raya Srikaton Ngantru Kode Pos. 66252
NSS : 201051604066 NPSN : 20515486
KISI-KISI SOAL ULANGAN
TENGAH SEMESTER GANJIL
SATUAN PENDIDIKAN : UPTD SMP N 2 NGANTRU WAKTU :
80 MENIT
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA TAHUN
PELAJARAN : 2012 - 2013
KELAS : VIII
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
TK.KESULITAN
|
BTK.
SOAL
|
NO SOAL
|
|
1
2
3
|
1.Memahami wacana lisan
berbentuk laporan
2.Mengungkapkan berbagai
informasi melalui wawancara dan presentasi laporan.
7.Memahami teks drama dan
novel remaja.
|
1.1Menganalisis laporan
1.2Menanggapi isi laporan
2.1Berwawancara dengan
nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara.
7.2Membuat sinopsis novel
remaja indonesia.
|
Laporan Perjalanan
Laporan perjalanan
Teks wawancara
Kerangka novel remaja
|
1.Disajikan sebuah laporan
perjalanan siswa dapat menuliskan pokok-pokok laporan dengan kalimat yang
singkat.
2.Disajikan sebuah laporan
perjalanan siswa dapat membuat empat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
teks laporan perjalanan.
3.Disajikan sebuah laporan
perjalanan siswa dapat menanggapi isi laporan dari segi bahasa dan keruntutan
kalimatnya.
4.Disediakan beberapa
topik wawancara siswa dapat menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai
dengan topik yang dipilih dengan menggunakan etika wawancara yang benar
5.Disediakan kerangka
novel remaja siswa dapat menyusun sinopsis cerita sesuai dengan kerangka yang
tersedia.
|
SD
MD
SK
SD
MD
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
uraian
|
1
2
3
4
5
|
|
Mengetahui Ngantru,
Kepala UPTD SMPN 2 Ngantru Guru
Mata Pelajaran
SUYONO,S.Pd,MM NURHIDAYATI,S.Pd.
Pembina NIP
19630309 198903 2 006
NIP 19651130 1989 1 008
ULANGAN
TENGAH SEMESTER GANJIL
KELAS VIII Tahun Pelajaran 2012 – 2013
Bacalah teks laporan perjalanan
berikut!
Minggu,18 maret 2012,
murid kelas VII dan VIII SMP Al Kautsar menuju daerah Kabandungan. Dua buah
mobil berjalan
beriringan selama dua setengah
jam. Diiringi rintik hujan , sejumlah 45
murid didampingi 15 guru dan pembina melewati
jalan berkelok-kelok. Ketika jam
menunjukkan pukul 10.00 sampailah bus di depan PT perkebunan Teh Jayanegara
Indah.
Namun, karena pabrik belum
beroperasi, kami menuju puncakperkebunan teh.
1.Tulislah pokok-pokok laporan
dari laporan perjalanan di atas!
2.Buatlah empat pertanyaan
berdasarkan teks laporan di atas!
3.Berilah tanggapan terhadap isi
laporan perjalanan di atas dari segi penggunaan bahasa maupun keruntutan
kalimatnya!
4.Wawancara adalah tanya jawab
dengan seseorang atau beberapa orang yang dimintai keterangan tentang sesuatu.
Seseorang itu disebut sebagai
nara sumber. Agar wawancara dapat berjalan dengan lancar, maka kita perlu
membuat daftar
Pertanyaan sesuai dengan topik
yang sudah kita tentukan.
Berdasarkan hal tersebut
susunlah daftar pertanyaan wawancara dengan pilihan topik sebagai berikut:
a.
Kemanusiaan
b.
Kesehatan
c.
Pemdidikan
d.
Olah
raga
e.
Kedisiplinan
5.Susunlah sinopsis cerita
berdasarkan kerangka berikut!
a. Hari terakhir tahun baru
dihabiska dengan pesta bersih-bersih
b. Anak-anak menumbuk beras ketan
untuk dibuat bulatan sup
c.Mereka akan libur selama tiga hari
penuh, dengan banyak makanan
d.Minoru berbaring di atas lantai
tikar dengan asyiknya
e.Jiro merasa tidak ada kesulitan
untuk minta izin kepada Mochida
f. Mochida mengizinka jiro pergi
menengok ibunya setelah menawarkan agar Jiro menikmati sup pertama tahun baru.
g.Jiro berterima kasih atas
kebaikannya, bayangan akan ibunya menghilangkan seleranya untuk berpesta di
Hanaza.
Komentar
Posting Komentar