rpp



 36. TUTIK FAUZIYAH, S.Pd. ( KELOMPOK V )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan        : SMP
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/2
Materi Pokok               : Teks Eksposisi
Tema                            : Teknologi Tepat Guna
                                 Subtema                      : Teknologi Tepat Guna dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
AlokasiWaktu              : 4X40Menit (2X Pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan ,teknologi,seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung ,menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3 menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.4 Memiliki perilaku jujur, dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linier.
      Indikator
1)      Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur dalam memaparkan kekurangan teks eksposisi dari aspek isi dan bahasa.
2)      Siswa dapat menunjukkan perilaku kreatif  dalam memaparkan kekurangan teks eksposisi dari aspek isi dan bahasa.
3)      Menunjukkan perilaku jujur dalam menyusun ringkasan dan mengidentifikasi intisari sesuai struktur teks eksposisi
4)      Menunjukkan perilaku kreatif  dalam menyusun ringkasan dan mengidentifikasi intisari sesuai struktur teks eksposisi
      3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator
1)      Menentukan kekurangan teks eksposisi dari aspek isi.
2)      Menentukan kekurangan teks eksposisi dari aspek bahasanya.
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator
1)      Menyusun ringkasan teks eksposisi berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan..
2)      Mengidentifikasi intisari teks eksposisi sesuai dengan strukturnya.
C.    TujuanPembelajaran
1.    Siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis Siswa dapat menunjukkan prilaku jujur dan kreatif dalam memaparkanlangkah-langkah suatu proses berbentuk liniar.
2.    Siswa menunjukkan perilaku jujur dan kreatif dalam  memaparkan kekurangan teks eksposisi dari aspek isi dan bahasa.
3.    Siswa menunjukkan perilaku jujur dan kreatif dalam menyusun ringkasan dan mengidentifikasi intisari sesuai struktur teks eksposisi
4.   Diberikan teks , siswa menentukan  kekurangan teks eksposisi dari aspek isi.
5.   Diberikan teks , siswa menentukan kekurangan teks eksposisi dari aspek bahasanya.
6.   Diberikan teks, siswa berdiskusi untuk menyusun ringkasan teks eksposisi berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan.
7.   Diberikan teks, siswa dapat mengidentifikasi intisari teks eksposisi sesuai dengan strukturnya.
D.    Materi Pembelajaran
·         Kelebihan teks eksposisi  dari aspek isi dan bahasanya
·         Kekurangan teks teks eksposisi  dari aspek isi dan bahasanya
·         Langkah-langkah menyusun ringkasan
·         Intisari teks eksposisi
E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan scientific
2. Metode discovery Learning, tanya jawab dan presentasi.
F.     Media
Teks eksposisi
G.    SumberBelajar
Buku Siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan kelas VII teks eksposisi pada halaman 61, 80-81, 84.
H.    Langkah-langkahPembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.      KegiatanPendahuluan
1)      Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)      Siswa diberi pemahaman tentang teks eksposisiyang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi disekitar siswa.
b.      KegiatanInti
Mengamati :
1)      Peserta didik membaca teks eksposisi dengan cermat pada halaman 80-81.
2)      Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kekurangan teks eksposisi.
Menanya :                                                     
3)      Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru  menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengidentifikasian kekurangan  sebuah teks eksposisi yang dimodelkan.
4)      Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang berkaitan tentang cara menyusun ringkasan.
            Mengeksplorasi :
5)      Peserta didik mendiskusikan kekurangan sebuah teks eksposisi dari segi struktur isi
6)      Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks eksposisi dari segi kaidah bahasa.
Mengasosiasikan :
7)      Peserta didik mendiskusikan perbaikan teks eksposisi dari segi struktur isi dan segi kaidah bahasa.
8)      Peserta didik membandingkan hasil perbaikan teks yang telah dibuat.


Mengomunikasikan :
9)         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun.
10)     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun.
c.       KegiatanPenutup
1)      Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santunsiswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatanyang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
3)      Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks  eksposisi.
4)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.    Pertemuan Kedua
a.    KegiatanPendahuluan
1)   Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)      Siswa diberi pemahaman tentang teks eksposisiyang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi disekitar siswa.
b.   Kegiatan Inti
Mengamati :
1.      Peserta didik membaca teks eksposisi dengan cermat pada halaman 80-81.
2.      Peserta didik membaca contoh hasil  ringkasan teks eksposisi.
Menanya :                                                     
3)  Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru  menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara menyusun ringkasan teks eksposisi.
4) Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang berkaitan tentang cara mengidentifikasi intisari teks eksposisi.
Mengeksplorasi :
5)   Peserta didik berdiskusi untuk menemukan ide pokok dalam teks yang telah disiapkan guru.
6) Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topik dan pendeskripsian.
7    Peserta didik menyusun ringkasan teks eksposisi dengan memperhatikan ide pokok yang telah ditemukan.
Mengasosiasikan :
8)   Peserta didik membandingkan hasil ringkasan antarteman untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan  tentang cara meringkas
            Mengomunikasikan :
9)   Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  ringkasan teks laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun.
10)Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun.
c.    KegiatanPenutup
1)      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

I.       Penilaian
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian
Tes Unjuk Kerja
Tes Rubrik

2.    Contoh Instrumen Penilaian
a.    Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Jujur
Perilaku kreatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1.









2.









3.









….










Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan dan tidak jujur
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten serta kurang jujur
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten dengan jujur
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten dengan jujur
4

b.   TesTertulis (aspek pengetahuan)
TesUraian
1)   Tentukan ide pokok setiap paragraf pada teks halaman 80-81?
2)   Buatlah ringkasan berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan dengan menggunakan kalimatmu sendiri?
3)   Identifikasilah ringkasan yang kamu buat berdasarkan struktur, aspek isi dan aspek bahasa sesuai struktur teks eksposisi?
Kunci
Contoh alternatif jawaban.
1)    a. Ide pokok Paragraf 1 : Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan.
b. Ide Pokok Paragraf 2 : Minat baca masyarakat masih rendah.
c. Ide Pokok Paragraf 3 : Buku adalah sumber pengetahuan.
2)   Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi diberbagai media. Upaya itu dilakukan karena karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah.Menurut Badan Pusat statistik Republik Indonesia pada tahu 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Sementara itu, buku adalah sumber pengetahuan, seperti semboyan “buku jendela ilmu” dan “baca buku, buka dunia”. (alternatif jawaban lain ada)

  3) Struktur teks eksposisi adalah, tesis (pernyataan pendapat) bagian pembuka, argumentasi bagian isi, Penugasan ulang bagian penutup).
PedomanPenskoran
No.
AspekdanKriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       menyebutkan 3 ide pokok dengan benar
b.      menyebutkan ide pokok dengan benar
c.       menyebutkan 1 ide pokok dengan benar

3
2
1

2.
Kesesuaian
a.       Isi ringkasan  tepat
b.      Isi ringkasan  hampir tepat
c.       Isi ringkasan  kurang tepat

3
2
1
3
a.     Menyebutkan ciri-ciri stuktur, aspek bahasa dan isi sudah tepat
b.    Menyebutkan ciri-ciri struktur, aspek bahasa dan isi kurang tepat
c.     Menyebutkan ciri-ciristruktur, aspek bahasa dan isi tidak tepat
4
2-3

1
Skor nilai betul semua
10

Mengetahui,                                                                         Kayangan, 31 Desember 2013
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



Anas Khairul Yakin, S.Pd.                                                         Dra. Sukati
NIP 196809141997021003                                           NIP 196411101998032002




















Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.4 dalam konteks KD 3.4
Aspek Sikap
Deskriptor
Tanda Cek
Ya
Tidak
Jujur
Tidak menjiplak hasil pekerjaan teman dalam membuat ringkasan.


Jujur dalam mengidentifikasi kekurangan teks eksposisi


Kreatif
 Kreatif dalam meringkas  teks eksposisi




Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal




Lembar Pengamatan Penilaian  KD 2.4 dalam Konteks Pembelajaran  KD 3.4

Aspek
yang dinilai
Hasil Pengamatan
SB
B
C
K
Mengidentifikasi   kelebihan dan kekurangan teks eksposisi dari segi isi dan bahasa




Menjelaskan  kelebihan dan kekurangan teks eksposisi dari segi isi dan bahasa




SB = Sangat baik (skor 4)
B  =  Baik (skor 3)
C  =   Cukup (skor 2)
K  = Kurang (skor 1)

Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal


Lembar Pengamatan Penilaian  KD 2.4  dalam Konteks Pembelajaran  KD 4.4

Aspek
yang dinilai
Hasil Pengamatan
SB
B
C
K
Meringkas teks eksposisi 




Merevisi teks eksposisi




SB = Sangat baik
B  =  Baik
C  =   Cukup
K  = Kurang

Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja