rpp
36. TUTIK FAUZIYAH, S.Pd. ( KELOMPOK V )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Tema : Teknologi Tepat Guna
Subtema : Teknologi Tepat Guna dan
Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
AlokasiWaktu : 4X40Menit (2X Pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan ,teknologi,seni budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung
,menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3 menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.4
Memiliki perilaku jujur,
dan kreatif dalam
memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linier.
Indikator
1)
Siswa dapat menunjukkan perilaku
jujur dalam memaparkan kekurangan teks eksposisi dari aspek
isi dan bahasa.
2)
Siswa dapat menunjukkan perilaku
kreatif dalam memaparkan kekurangan
teks eksposisi dari aspek isi dan bahasa.
3)
Menunjukkan perilaku jujur dalam menyusun ringkasan dan
mengidentifikasi intisari sesuai struktur teks eksposisi
4)
Menunjukkan perilaku kreatif
dalam menyusun ringkasan dan mengidentifikasi intisari sesuai struktur
teks eksposisi
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan.
Indikator
1)
Menentukan kekurangan teks eksposisi dari aspek isi.
2)
Menentukan kekurangan teks eksposisi dari aspek bahasanya.
4.4 Meringkas
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator
1) Menyusun ringkasan teks eksposisi berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan..
2) Mengidentifikasi intisari teks eksposisi sesuai
dengan strukturnya.
C.
TujuanPembelajaran
1. Siswa menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis Siswa dapat menunjukkan prilaku jujur dan kreatif dalam
memaparkanlangkah-langkah suatu proses berbentuk liniar.
2. Siswa
menunjukkan perilaku
jujur dan kreatif dalam memaparkan kekurangan teks eksposisi dari aspek
isi dan bahasa.
3. Siswa
menunjukkan perilaku
jujur dan kreatif dalam menyusun ringkasan dan mengidentifikasi intisari sesuai
struktur teks eksposisi
4.
Diberikan teks , siswa menentukan kekurangan teks eksposisi dari aspek isi.
5.
Diberikan teks , siswa menentukan kekurangan teks eksposisi dari
aspek bahasanya.
6.
Diberikan teks,
siswa berdiskusi untuk menyusun ringkasan teks eksposisi berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan.
7.
Diberikan teks, siswa
dapat mengidentifikasi intisari teks eksposisi sesuai dengan strukturnya.
D.
Materi Pembelajaran
·
Kelebihan teks eksposisi dari aspek isi dan bahasanya
·
Kekurangan teks teks eksposisi dari aspek isi dan bahasanya
·
Langkah-langkah menyusun ringkasan
·
Intisari teks eksposisi
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan scientific
2. Metode discovery
Learning, tanya jawab dan presentasi.
F.
Media
Teks eksposisi
G.
SumberBelajar
Buku Siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan kelas VII teks
eksposisi pada halaman 61, 80-81, 84.
H.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. KegiatanPendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4) Siswa diberi
pemahaman tentang teks eksposisiyang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi
disekitar siswa.
b. KegiatanInti
Mengamati :
1)
Peserta didik
membaca teks eksposisi dengan cermat pada halaman 80-81.
2)
Peserta didik
membaca contoh hasil identifikasi kekurangan teks eksposisi.
Menanya :
3)
Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan
pengidentifikasian kekurangan sebuah
teks eksposisi yang dimodelkan.
4)
Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang berkaitan tentang cara
menyusun ringkasan.
Mengeksplorasi :
5)
Peserta didik
mendiskusikan kekurangan sebuah
teks eksposisi dari segi struktur isi
6)
Peserta didik
mendiskusikan kekurangan teks eksposisi dari segi kaidah bahasa.
Mengasosiasikan :
7) Peserta didik
mendiskusikan perbaikan teks eksposisi dari segi struktur isi dan segi kaidah
bahasa.
8) Peserta didik membandingkan
hasil perbaikan teks yang telah dibuat.
Mengomunikasikan :
9)
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi tentang teks
laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam
diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun.
10)
Peserta didik
menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun.
c. KegiatanPenutup
1) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santunsiswa bersama
guru menyimpulkan pembelajaran
2) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatanyang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksposisi.
4) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
2.
Pertemuan Kedua
a. KegiatanPendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4) Siswa diberi
pemahaman tentang teks eksposisiyang dikaitkan dengan fenomena yang terjadi
disekitar siswa.
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
1.
Peserta didik
membaca teks eksposisi dengan cermat pada halaman 80-81.
2.
Peserta didik
membaca contoh hasil ringkasan teks eksposisi.
Menanya :
3) Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara menyusun
ringkasan teks eksposisi.
4) Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan
hal-hal yang berkaitan tentang cara mengidentifikasi intisari teks eksposisi.
Mengeksplorasi :
5) Peserta didik berdiskusi untuk
menemukan ide pokok dalam teks yang telah disiapkan guru.
6) Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari kalimat topik dan pendeskripsian.
7 Peserta didik
menyusun ringkasan
teks eksposisi dengan memperhatikan ide pokok yang telah ditemukan.
Mengasosiasikan :
8) Peserta didik
membandingkan hasil ringkasan antarteman untuk memperkuat pemahaman dan
keterampilan tentang cara meringkas
Mengomunikasikan :
9) Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi ringkasan teks
laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam
diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun.
10)Peserta didik
menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun.
c. KegiatanPenutup
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai
rencana tindak lanjut pembelajaran
I.
Penilaian
1. Teknik dan
Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Rubrik
|
2. Contoh Instrumen
Penilaian
a.
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Perilaku kreatif
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
….
|
Rubrik penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan dan tidak jujur
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten serta kurang jujur
|
2
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
dengan jujur
|
3
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten dengan jujur
|
4
|
b.
TesTertulis (aspek pengetahuan)
TesUraian
1) Tentukan ide pokok setiap paragraf pada teks halaman 80-81?
2) Buatlah ringkasan berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan dengan
menggunakan kalimatmu sendiri?
3) Identifikasilah ringkasan yang kamu buat berdasarkan
struktur, aspek isi dan aspek bahasa sesuai struktur teks eksposisi?
Kunci
Contoh alternatif jawaban.
1)
a. Ide pokok Paragraf 1 : Minat baca
masyarakat Indonesia harus ditingkatkan.
b.
Ide Pokok Paragraf 2 : Minat baca masyarakat masih rendah.
c.
Ide Pokok Paragraf 3 : Buku adalah sumber pengetahuan.
2) Minat baca
masyarakat Indonesia harus ditingkatkan karena pada masa perkembangan
teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi diberbagai media. Upaya itu
dilakukan karena karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih
rendah.Menurut Badan Pusat statistik Republik Indonesia pada tahu 2011,
penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89
persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Sementara itu, buku
adalah sumber pengetahuan, seperti semboyan “buku jendela ilmu” dan “baca buku,
buka dunia”. (alternatif jawaban lain ada)
3) Struktur teks eksposisi adalah, tesis (pernyataan
pendapat) bagian pembuka, argumentasi bagian isi, Penugasan ulang bagian
penutup).
PedomanPenskoran
No.
|
AspekdanKriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. menyebutkan 3 ide pokok dengan benar
b. menyebutkan ide pokok dengan benar
c. menyebutkan 1 ide pokok dengan benar
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Isi ringkasan tepat
b. Isi ringkasan hampir tepat
c. Isi ringkasan kurang tepat
|
3
2
1
|
3
|
a.
Menyebutkan
ciri-ciri stuktur,
aspek bahasa dan isi sudah tepat
b.
Menyebutkan
ciri-ciri struktur,
aspek bahasa dan isi kurang tepat
c.
Menyebutkan
ciri-ciristruktur,
aspek bahasa dan isi tidak tepat
|
4
2-3
1
|
Skor nilai betul semua
|
10
|
Mengetahui, Kayangan, 31 Desember 2013
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Anas Khairul Yakin, S.Pd. Dra. Sukati
NIP 196809141997021003 NIP 196411101998032002
Lembar
Pengamatan Penilaian KD 2.4
dalam konteks KD 3.4
Aspek Sikap
|
Deskriptor
|
Tanda Cek
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Jujur
|
Tidak menjiplak hasil
pekerjaan teman dalam membuat ringkasan.
|
||
Jujur
dalam mengidentifikasi kekurangan teks eksposisi
|
|||
Kreatif
|
Kreatif dalam meringkas teks eksposisi
|
Perolehan Skor
|
|||
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
Skor Maksimal
|
Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.4 dalam Konteks Pembelajaran KD 3.4
Aspek
yang dinilai |
Hasil Pengamatan
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
|
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
dari segi isi dan bahasa
|
||||
Menjelaskan kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
dari segi isi dan bahasa
|
SB = Sangat baik (skor 4)
B
= Baik (skor 3)
C
= Cukup (skor 2)
K
= Kurang (skor 1)
Perolehan Skor
|
|||
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
Skor Maksimal
|
Lembar Pengamatan Penilaian KD 2.4 dalam Konteks
Pembelajaran KD 4.4
Aspek
yang dinilai |
Hasil Pengamatan
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
|
Meringkas teks
eksposisi
|
||||
Merevisi teks eksposisi
|
SB = Sangat baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
Perolehan Skor
|
|||
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
= NA
|
Skor Maksimal
|
Komentar
Posting Komentar