proposal reog unita



Proposal

Seni Tari Reog Kendang

“AMEMAYU”



Description: Logo SMP







WIDWI ASTUTI, S.pd.
NIP. 19720504 200801 2 018




SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG
JL. Raya Ngantru No. 142 Tulungagung
Tahun 2013


Lembar Pengesahan   

Proposal

Seni Tari Reog Kendang

“AMEMAYU”




Oleh
WIDWI ASTUTI S.pd.
NIP. 19720504 200801 2 018








Tulungagung, 19 April 2014
Kepala Sekolah,                                                          Ketua  Panitia Lomba Reog Kendang Tulungagung


            Drs. Agus Sunaryo, M.M.                                           (.............................................)
            Nip. 19640711 198903 1 013                                    
KATA PENGANTAR
           
                      Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat-Nya kepada kami sehingga mampu menyelesaikan karya Seni Tari Tradisi Reog Kendang AMEMAYU dalam rangka Lomba yang diadakan UNITA (UNIVERSITAS TULUNGAGUNG) pada tanggal 19 April 2014
Kegiatan lomba  untuk meningkatkan dan mengembangkan Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung yang sudah  dipatenkan menjadi seni khas Tulungagungkesenian. Sedangkan penyusunan Proposal ini segai bukti bahwa saya menyusun gerak tari dan mengkresikan gerak dan iringan berguna untuk pengajuan penghitungan angka kredit dalam rangka kenaikan pangkat atau jabatan.
             Kegiatan Lomba ini meliputi menyusun kembali gerak tradisi yang sudah ada dengan kreasi yang tidak jauh dari unsur aslinya dan mengkresikan musik pengiring sesuai gerak dan kreasi jenis alat musik  serta cara memukul sehingga tercipta selarasan antara gerak dan iriingan.
Penyusunan karya Seni Tari Tradisi Reog Kendang AMEMAYU ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian laporan pengembangan diri ini.
Kami telah berusaha secara maksimal untuk dapat melaksanakan dan menyusun karya Seni Tari Tradisi Reog Kendang AMEMAYU dengan baik. Namun  penyusunan karya Seni Tari Reog Kendang AMEMAYU ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu agar proposal ini dapat semakin sempurna, kami sangat mengharap tanggapan, kritik, dan saran dari berbagai pihak demi sempurnanya laporan pengembangan diri ini.
Semoga karya Seni Tari Tradisi Reog Kendang AMEMAYU ini dapat bermanfaat, khususnya bagi diri saya sendiri dan berbagai pihak yang terkait secara langsung maupun tidak langsung berkecimpung dalam penganbangan seni Tradisi Reob Kendang Tulungagung.
Penyusun,

DAFTAR ISI


Text Box: Halaman
i
ii
iii
iv
v
vi

1
2


3
3
3
3
3
3
4
5

4
4
4
4





5
 


Halaman Judul   …………………………………………………………
Lembar Pengesahan   ………………………………………………
Kata Pengantar   ……………………………………………………….
Daftar Isi   …………………………………………………………………
Daftar Lampiran   …………………………………………………………
A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang ………………………………………………
2.      Permasalahan...................................................................
3.      Tujuan Umum   ………………………………………………….

B.     PELAKSANAAN LOMBA
1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan  …….
2.      Uraian Materi Lomba   …………………………………………..
3.      Pola Lantai
4.      Iringan

C.    PENUTUP
1.      Simpulan   ………………………………………………………..
2.      Saran-saran   ……………………………………………………

LAMPIRAN-LAMPIRAN   ……………………………………..
1.      Lampiran foto latihan
2.      Lampiran 2 foto waktu rias
3.      Lampiran foto penampilan
4.      Lampiran 4 Surat tugas


Latar Belakang

            Kesenian adalah segala sesuatu yang menghasilkan pengalaman batin dan disajikansecara indah, sehingga dapat menarik dan menimbulkan pengalaman batin bagipenikmatnya. Untuk mengenalkan seni sebagai akar budaya bangsa dalam pendidikanformal, siswa perlu diperkenalkan dengan berbagai macam, yaitu seni rupa, seni music,seni tari dan seni drama. Dari kehidupan inilah dianngkat sebuah karya berisi keceriaan anak-anak dalam menarikan tari Tradisi reog Kendang Tulungagung yang diangkat dari akar  Tradisi reog Kendang yang diolah dengan iringan  kreasi. Tari merupakan bentuk dari sebuah kesenian budaya yang harus dilestarikan dandiperkenalkan sejak dini di Kabupaten Tulungagung. Tari sendiri memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya. Tari juga berfungsi untuk keperluan upacara, pertujukan atau ritual tertentu.Menari sendiri adalah dorongan jiwa manusia sejak anak-anak dalam mengekspresikandiri manakala mendengar atau merasakan suatu irama tertentu baik yang datang daridalam maupun dari luar dirinya (Heny Rohayani, 2006: 5). Naluri alamaiah anak di usia dini sangat baik untuk belajar dan mengekspresikandalam wujud tindakan yang seharusnya mendapat perhatian namun sebagian masyarakatcenderung mengabaikannya. Dewasa ini lebih mengarah pada kesenian yang datang daribarat. Anak–anak sebagai generasi penerus dalam berkesenian cenderung tidak kenal dengan kesenian tradisi. Mereka lebih suka tarian yang berjingkrak-jingkrak dengan iringan musik lagu-lagu barat. Dengan busana yang seronok tidak sesuai dengan etika ketimuran. Jika ada sajian tari tradisi mereka memalingkan muka dan pergi meninggalkanarea pertunjukan. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahamanmereka akan kesenian tradisi bangsanya. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dorongan minat serta bakat menari pada anak harus dibina dan dipeliharasejak dini. Tari AMEMAYU  ini adalah sebuah tarian yang memadukan tarian tradisional dengan iringan musik dangdut koplo dan kwarto  modern Drum band. AMEMAYU  Asal mulanya tari ini merupakan tari tradisi  yang sudah dipaten gerakkanya. Karena  anak sekarang kurang tertarik maka beberapa panitia lomba mencoba mengkreasikan tari ini dengan  denagn berbagai  bentuk agar anak muda sekarang lebih tertarik.

           Permasalahan
Permasalahan Permasalahan atau tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan materi tentang seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung adalah sebagai berikut :
1.      Masih sedikit yang mengerti tentang seni tari Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung.
2.      Kurangnya masyarakat yang berminat dalam dunia seni tari Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
3.       Seberapa besar cinta generasi muda terhadap budaya bangsa khususnya seni tari Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
4.      Bagaimana melatih masyarakat berolah seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung dengan kreatifitas seni yang tinggi Semakin tenggelamnya budaya tradisional karena terkalahkan oleh budaya asing Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
5.       Pengaruh globalisasi yang semakin meningkat Remaja saat ini lebih Pede untuk memakai produk asing dari luar negeri
6.      Bagaimana cara menginformasikan Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung agar bisa menjangkau masyarakat khususnya anak-anak remaja yang ada di daerah Tulunagung khususnya.

TUJUAN UMUM
Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk:
1.      Menanamkan Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung yang memiliki nilai tinggi
2.      Mengembnagkan kreatifitas siswa
3.      Diharapkan agar masyarakat, khususnya anak-anak remaja agar dapat memperoleh informasi Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung melalui media informasi yang mudah di peroleh.
4.      Menciptakan Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung yang up to date/ tidak monoton/tidak ketinggalan jaman, meskipun merupakan termasuk tarian tradisional.
5.       Menggabungkan unsure tradisional dengan modern

Manfaat Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sbb :
1.      Siswa didik dapat mengmbangkan kreatifitas seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
2.      Siswa didik mengenal seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
3.      Manfaat bagi masyarakat yaitu dapat mendidik masyarakat untuk menyadari pentingnya mewarisi nilai-nilai keindahan seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung generasi terdahulunya serta mengenal karya-karya seni tradisi daerah sendiri dan seni tradisi daerah lain.

D.    PELAKSANAAN LOMBA
Pelaksanaan lomba pada tanggal  tingkat 19 April di mulai jam 08.00 WIB sampai selesai. Diikuti  peserta dari tingkat SD, SMP  SMA yang sederajat se Kabupaten Tulungagung.

1.Uraian Gerak Tari Reog Kendang Tulungagung
1.      Gerak Baris:  gerakan lurus seperti layaknya orang berbaris dengan dhodhog kerep berada di depan, kaki menegikuti gerak dhodhog biasanya menggunakan irama drimband . gunanya untuk keluar dan masuk ppanggung.
2.      Gerak Sundangan:  Gerakkan bahu dang kepala badan agak membungkuk, kaki tanjak kanaan bila yang depan kaki kanan. Gerakkan iini menyerupai banteng yang sedang menyruduk/ nyundang.
3.      Gerak Andul: mengayun kaki yang diangkat setinggi paha. Ayunan dilakukan ke depan ke belakang. Ada kalanya kaki yang menjadi tumpuan mengikuti dengan gerak loncat ( gedrik).
4.         Gerakan Menthokan: Gerakan posisi badan membungkuk telapak kaki napak datar, kedua lutut menempel mendak berjalan ke kepan sehingga pinggul megal menggol seperti mentho berjala.
5.         Gerak Gedjoh Bumi: Posisi badan agak membungkuk, kaki kanan menapak datar kaki kiri di belakang diangkat tuminya (gejuk) atau di gejoh-gejohkan ke tanah sampai kaki kanan lurus
6.      Gerak Ngongak Sumur: Gerak kaki kanan ke depan ke belakang pada saat kaki kanan ke depan kepala menunduk ke bawah seperti orang melihat ke dalam sumur), dan waktu kaki kakan di belakang pandangan ke atas
7.        Gerak Midak Kecik: jalanmunduk dengan ujung  kaki menapak lebih dahulu kemudian baru tumit.
8.       Gerak Lillingan: gerakkan berpasangan yang saling berhadapan antara dua penari. Mereka berpandangan dengan jarak yang sangat dekat . biasanya dilakukan dengan kaki tanjak berhenti dan kepala lenggut-lenggut bisa di lakukan dengan berjalan saling berputar.
9.         Ggerak Kejang: berjalan dengan tumit diangkat. Posisibadan mulai dari kepala sampai kaki kaku lurus sehingga gerak jalan dilakukan terpatah-patah seperti robot.
10.  Gerak Baris: kenbali ke gerak saat masuk panggung yaitu gerakan lurus seperti layaknya orang berbaris dengan dhodhog kerep berada di depan, kaki menegikuti gerak dhodhog biasanya menggunakan irama drimband . gunanya untuk keluar dan masuk panggung


2.Pola Lantai


N0.
NAMA GERAK
POLA  LANTAI
1.       
Terompet
Irama reog lamba
hormat
0                        0
          0
                              0                0
2.       
Drum band
Baris
sundangan
                       
0                                  0
             0       0                                  0    0\
           
3.       
Jalan
Gejoh bumi
        0     0                   0   0
                     0      0 
4.       
Jalan
Ongak sumur
0                  0              0
                   0              0              0

5.       
Jalan
lilingan
                                   0
                 0                0               0
0                                                                  0
6.       
Jalan
Ongak sumur
                                 


7.       
Jalan
Midak kecik
0                                  0
0                                    0
                      0                   0
8.       
Menthokan Jalan
inter

0                                  0
0                     0
0                  0
9.       
Jalan
Robotan 1

0           0            0             0             0               0
10.   
Jalan
Robotan 2
Baris
Keluar
                       0           0            0              
                             0             0            0       

4.      Iringan
4/4 sedang                                    ATER-ATER KENDANG KEREP


OTK           TK        TK        *          *          *          *          *          *          *          *
                                          NG                   N                      NG                   N                      NG
Dhodhog arang                 B          O         BB        O         B          O         BB        O         B
Imbal 1                              OB       B          OB       B          OB       B          OB       B          0B
Imbal 2                              O         OB       B          0B        B          OB       B          OB       B
Keplak                               OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP
Trinthing                           OT       TT        OT       TT        OT       TT        OT       TT        OT
4/4 lambat
                                          *          *          *          *          *          *          *         
                                                                              N                                              NG
Dhodhog arang                 O         O         O         B          O         O         O         B
Imbal 1                              B          B          O         B          B          B          O         O        
Imbal 2                              O         O         B          B          O         O         B          B         
Keplak                               P          O         P          O         P          O         P          O        
Trinthing                           TT        TT        T          T          TT        TT        T          T         


4/4 sedang                                                      IRAMA DRUM BAND
Semua dhdodhog
Dipukul bersamaan                N          NG                               N                      NG
                                                                 *          *          *          *          *          *          *          *
                                               BB           B             BB           B             BB           BB           BB          

Kwarto          tak                   tak                   tak                   tak
                       Tak                  tak                   tak                   tak
                       Tak                  tak                   tak                   tak
                       Tak                  tung                 tung                 tung

Simbal              *                    *                      *                      jes
                       Jes                   jes                    jes                    jes

Kendang                    tak       trung                tung                             dang dut


E.     PENUTUP

1.      Simpulan
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

1.      Dengan mengikuti lomba ini dapat menginformasikan  tentang seni tari Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung.
2.      Meningkatkan  minat dalam dunia seni tari Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
3.       Menumbuhkan  generasi muda cinta terhadap budaya bangsa khususnya seni tari Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
4.      Melatih masyarakat berolah seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung dengan kreatifitas seni yang tinggi Semakin tenggelamnya budaya tradisional karena terkalahkan oleh budaya asing Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung
5.       Mengurangi pengaruh globalisasi Remaja saat ini lebih Pede untuk memakai produk asing dari luar negeri
6.      Cara  menginformasikan Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung agar bisa menjangkau masyarakat khususnya anak-anak remaja yang ada di daerah Tulunagung khususnya.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:
a.       Kita sebagai pendidik bisa melestarikan budaya khususnya seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung.

b.      Guru dapat berkresi dalam mengembangkan berolah seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung .
.

2.      Saran-saran
a.       Agar senantiasa meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kreatifitas.
b.      Sebagai guru marilah senantiasa selalu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan agar dapat melestarikan seni Tari Tradisi Reog Kendang Tulungaagung


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja