PEREMPUAN TUA PEMINTAL BENANG DI DESA SAGE LOMBOK NTB


Foto



PEREMPUAN TUA PEMINTAL BENANG
DI DESA SAGE LOMBOK NTB

                    Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat mulai dilirik pelancong manca Negara maupun lokal. Salah satu yang  menarik adalah desa cagar budaya yaitu desa Sade. Desa Sade  Rimbitan didiami suku sasak. Suku terbesar  di pulau Lombok. Masyarakat suku di desa ini masih hidup dengan cara tradisonal. Rumah bertiang bambu, beratap daun alang-alang, berdinding anyaman bambu dan berlatai tanah liat yang dicapur tahi kerbau atau sapi.
Pada masa sekarang, Perempuan di desa ini berdagang kain songket dan tenun. Cara danggangnya pun sangat sedehana. Digelar dibalai kecil depan atau dekat rumah. Bila wisatawan datang mereka berdiri menawarkan daganganya. Untuk menunjukan bahwa kain tersebut asli dari desa itu beberapa perempuan menunjukkan  dengan menenun  kain songket di balai-balai kecil.
Yang paling menarik bagi pengunjung. Perempuan tua yang duduk bersimpuhk dibalai kecil depan rumah. Beliau memintal sendiri benang-benang yang akan dibuat kain songket.
Menggunakan alat yang sangat sederhana, tangan kiri perempuan tua ini memilin kapas sebagai bahan dasar benang. Tangan kanan dengan trampilnya memutar  kayu yang dibetuk roda untuk menggulung benang  yang sudah jadi.Di samping perempuan  tersdapat kotak kecil yang berisikan daun sirih dan kapur.
Perempuan-perempuan tua di desa Sade  mempunyai kebiasaan memakan sirih yang dicampur kapur sehingga liurnya berwarna merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja