|
PEMETAAN KD BAHASA
INDONESIA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
DIAJARKAN DI KELAS |
MATERI |
PINDAHAN |
|
1 |
3.1
Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis |
4.1
Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis |
X |
1 |
LHO |
|
|
|
|
2 |
3.2
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.2
Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis |
X |
1 |
|
|
|
|
3 |
3.3
Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca |
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis |
X |
1 |
TEKS EKSPOSISI |
|
|
|
|
4 |
3.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
4.4
Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan |
X |
1 |
|
|
|
|
5 |
3.5
Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat |
4.5
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun
tulis |
X |
1 |
TEKS ANEKDOT |
|
|
|
|
6 |
3.6
Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot |
4.6 Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis. |
X |
1 |
|
|
|
|
7 |
3.7
Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat
(hikayat) baik lisan maupun tulis |
4.7
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca |
X |
1 |
HIKAYAT, CERPEN |
|
|
|
|
8 |
3.8
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen |
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai |
X |
1 |
|
|
|
|
9 |
3.9
Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan
satu novel |
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari
satu novel yang dibaca |
X |
1 |
IKHTISAR |
|
|
|
|
10 |
3.10
Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi
berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis |
4.10
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks
negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis |
X |
1 |
TEKS
NEGOSIASI |
XI |
DRAMA |
34 |
|
11 |
3.11
Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan,
penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.11
Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan,
penutup) dan kebahasaan |
X |
1 |
|
|
35 |
|
12 |
3.12
Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan
simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi
dari debat |
4.12
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan untuk
menunjukkan esensi dari debat |
X |
2 |
TEKS DEBAT |
|
|
|
|
13 |
3.13
Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu,
sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan) |
4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi
argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan |
X |
2 |
|
|
|
|
14 |
3.14
Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi
berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.14
Menyajikan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks
biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis |
X |
2 |
TEKS BIOGRAFI |
|
|
|
|
15 |
3.15
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
4.15 Membuat
teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis |
X |
2 |
|
|
|
|
16 |
3.16
Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam
antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca |
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan
intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
X |
2 |
PUISI |
XI |
PUISI |
36 |
|
17 |
3.17
Menganalisis unsur pembangun puisi |
4.17 Menulis
puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa,
imaji, struktur, perwajahan) |
X |
2 |
|
|
|
|
18 |
3.18
Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang
sudah dibaca |
4.18
Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi |
X |
2 |
RESENSI |
XI |
FIKSI, NON FIKSI |
25 |
|
|
|
|
|
|
|
|
XI |
|
26 |
|
|
|
|
|
|
|
|
XI |
|
27 |
|
|
|
|
|
|
|
|
XI |
RESENSI |
32 |
|
|
|
|
|
|
|
|
XI |
|
33 |
|
|
|
|
|
|
|
|
XII |
|
43 |
|
|
|
|
|
|
|
|
XII |
|
50 |
|
19 |
3.19
Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.19
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan
bidang pekerjaan dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis |
XI |
1 |
TEKS
PROSEDUR |
|
|
|
|
20 |
3.20
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
4.20
Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan |
XI |
1 |
|
|
|
|
21 |
3.21
Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi
berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis |
4.21
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan tulis |
XI |
1 |
TEKS
EKSPLANASI |
|
|
|
|
22 |
3.22
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
4.22
Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan
atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
XI |
1 |
|
|
|
|
23 |
3.23
Menganalisis informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam
ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.23
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan |
XI |
1 |
TEKS
CERAMAH |
|
|
|
|
24 |
3.24
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
4.24
Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek
kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
XI |
1 |
|
|
|
|
25 |
3.25
Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca |
4.25 Menyajikan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
|
|
BUKU
PENGAYAAN NON FIKSI |
|
X |
2 |
|
26 |
3.26 Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan
(nonfiksi) yang dibaca |
4.26 Menyajikan
persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang
pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca |
|
|
|
|
|
|
27 |
3.27
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
4.27 Menyusun
ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
|
|
ULASAN FIKSI |
|
X |
2 |
|
28 |
3.28
Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau
penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.28
Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya
lebih efektif |
XI |
2 |
PROPOSAL |
|
|
|
|
29 |
3.29
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
4.29 Merancang
sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan |
XI |
2 |
|
|
|
|
30 |
3.30
Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan
dengan bidang pekerjaan yang dibaca |
4.30
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya
ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan |
XI |
2 |
KARYA
ILMIAH |
|
|
|
|
31 |
3.31
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
4.31
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan |
XI |
2 |
|
|
|
|
32 |
3.32
Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk
menemukan sistematika sebuah resensi |
4.32 Menyajikan
isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks resensi |
|
|
RESENSI |
X |
2 |
|
|
|
33 |
3.33
Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya
dua karya yang berbeda |
4.33
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel
yang sudah dibaca |
|
|
|
X |
2 |
|
|
|
34 |
3.34
Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang
dibaca atau ditonton |
4.34
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara
lisan |
|
|
DRAMA |
X |
1 |
|
|
|
35 |
3.35
Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton |
4.35
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan |
|
|
|
X |
1 |
|
|
|
36 |
3.36
Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang
dibaca |
4.36 Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan
situasi kekinian |
|
|
PUISI |
X |
2 |
|
|
|
37 |
3.37
Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca |
4.37 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis |
XII |
1 |
SURAT
LAMARAN |
|
|
|
|
38 |
3.38
Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan |
4.38 Menyusun
surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
XII |
1 |
|
|
|
|
39 |
3.39
Menganalisis informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang
saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau
tulis |
4.39
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks
eksplanasi |
XII |
1 |
CERITA
SEJARAH |
|
|
|
|
40 |
3.40
Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah |
4.40 Menulis
cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan |
XII |
1 |
|
|
|
|
41 |
3.41
Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap
suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan |
4.41
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan
bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis |
XII |
1 |
TEKS
EDITORIAL |
|
|
|
|
42 |
3.42
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
4.42 Merancang
teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
XII |
1 |
|
|
|
|
43 |
3.43 Menilai
isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
4.43 Menyusun
laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis |
X |
2 |
|
|
|
|
|
|
44 |
3.44
Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan |
4.44
Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan |
XII |
2 |
TEKS
IKLAN |
|
|
|
|
45 |
3.45
Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan |
4.45 Menyusun
teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan baik secara lisan maupun tulis |
XII |
2 |
|
|
|
|
46 |
3.46
Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel
berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca |
4.46
Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan |
XII |
2 |
TEKS
ARTIKEL |
|
|
|
|
47 |
3.47
Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
4.47
Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
fakta dan kebahasaan |
XII |
2 |
|
|
|
|
48 |
3.48
Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
4.48
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan
dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis |
XII |
2 |
SURAT
DINAS |
|
|
|
|
49 |
3.49
Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan |
4.49 Menyusun
surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi,
sistematika dan kebahasaan |
XII |
2 |
|
|
|
|
50 |
3.50
Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi)
dan satu buku drama (fiksi) |
4.50 Menulis
refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan
(nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) |
X |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
REKAPITULASI |
|
KELAS X |
SMT 1 : 6 MATERI 13 KD
3.1 4.1 3.2 4.2 3.3.3 3 3.4
4.4 3.5 4.5
3.6 4.6 3.7
4.7 3.8 4 8
3.9 4.9 3.10 4.10 |
|
|
|
|
3.11 4.11 3.34 4.34 3.35 4.36 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SMT 2 : 4 MATERI 15
KD 3.12 4.12 3.13 4.13 3.14 4.14 3.15
4.15 3.16 4.16 3.17 4.17 3.18 4.18 3.25 4.25 3.26 4.26 |
|
|
|
|
3.27 4.27 3.32 4.32 3.33 4.33 3.36 4.36 3.43 4.43 3.50 4.50 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELAS XI |
SMT 1 : 3 MATERI 6
KD 3.19 4.19 3.20 4.20 23.21 4.21 3.22 4.22 3.23 4.23 3.24 4.24 |
|
|
|
|
|
|
|
SMT 2 : 2 MATERI 4 KD 3.28 4.28 3.29 4.29 m 3.30 4.30 3.31 4.31 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELAS XII |
SMT 1 : 3 MATERI 6
KD 3.37 4. 37 3.38 4.38 3.39 4. 39 3.40 4.40 3.41 4.41 3.42 3.42 |
|
|
|
|
|
|
|
SMT 2 : 3 MATERI 6
KD 3.44 4.44 3.45 4.45 3.46 4.46 3.47 4.47 3.48 4.48 3.49 4. 49 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar