soal uts







SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
SMP NEGERI I NGANTRU

MATA PELAJARAN          : BAHASA INDONESIA
KELAS / PROGRAM          : 7
SEMESTER                          : GENAP
TAHUN PELAJARAN        : 2012-2013

C
Jawablah soal di bawah ini:
  1. Siapa saja yang bisa di jadikan nara sumber dalam wawancara?
  2. Sebutkan 4 aspek yang di harus disampaikan saat menceritakan tokoh idola!

  1. Dalam pembacaan puisi ada tanda berikut berarti:
    1. /       =
    2. //      =
    3. ___  =

  1. Susunlah 1 Contoh kalimat langsung!
  2. Ubahlah kalimat langsung yang telah disusun menjadi kalimat tidak langsung!
  3. Sebutkan 6 kata ganti orang pertama!
  4. Mana kalimat yang baku berikurt ini :
      global worning, entar,  bingung, koran, barengan aku, barengan,                 
            Esok, tingkah, nggak, romantis.
  1. Sebutkan 4 aspek yang dinilai dalam mkembaca puisi!

      9.    Dalam satu paragraf terdiri dari......ide poko yang tertulis dalam
           Kalimat.........dan terdiri dari.......kalimat penjelas.
  1.                              ...........................................
               Kabarnya, layang-layang Bali tersohor gara-gara digelarnya festival layang-layang internasional setiap tahunya. Konon acara ini di gelar sejak tahun 1979. Banyak penggemar layang-layang maca negara berusaha meraih pengakuan diri, selain kesenangan. Tempat bisa berganti-ganti di setiap tahunya. Kadang di Ren ong, Sanur atau dilapangan Kapten Japa.

    1. Judul yang cocok adalah
    2. Kalimat utamanya adalah
























KARTU SOAL URAIAN



Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII


Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti nilai bila bisa mnyebutkan  yang benar

Sandar Kompetensi Mendengarkan
9.Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara

Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII



Kompetensi Dasar: 9.1
Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara.

Nomor Soal:1
Rumusan butir soal:     Siapa saja yang bisa di jadikan nara sumber dalam wawancara?




Materi:. Penyimpulan pikiran, penda­pat, dan gagas­an dalam wa­wan­cara

Kunci jawaban:
  1. tokoh msyarakat
  2. pelaku
  3. pejabat
  4. orang yang terlibat
  5. saksi…. dll

Kriteria Penilaian:
  1. nilai 10 bila bisa menyebutkan 5 yang benar
  2. nilai 8 bila bisa menyebutkan 4 yang benar
  3. nilai 6 bila bisa menyebutkan 3 yang benar
  4. nilai 4 bila bisa menyebutkan  2 yang benar
  5. nilai 3 bila bisa menyebutkan 1 yang benar



Indikator:  Mamapu menentukan narasumber.







                        



























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi;  Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar: 12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi
Nomor Soal:2
Rumusan butir soal:   
Susunlah 1 Contoh kalimat langsung yang berpola keterangan petikan !

Materi:. Cara mengubah teks wawan­ca­ra ke bentuk na­rasi dan implementasi- nya
Kunci jawaban:
  1. diawali huruf kapitan
  2. tanda koma yang memisahkan petikan keterangan.
  3. huruf kapital  mengawali petikan
  4. tanda petik mengawali petikan.
  5. intinasi final pada akhir petikan
  6. tanda petik diakhir petikan.

Kriteria Penilaian:
1.      Nilai  10 bila betul  6
2.      Nilai 9 bila betul 5
3.      Nilai  6  bila betul  4
4.      Nilai 5  bila betul 3
5.      Nilai 4 bila betul  2
6.      Nilai 3 bila betul  1


·  Indikator:   Mampu membuat kalimat langsung







                        



























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi;  Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar: 12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi
Nomor Soal:3
Rumusan butir soal:  Ubahlah kalimat langsung yang telah disusun menjadi kalimat tidak langsung!
           


Materi:. Cara mengubah teks wawan­ca­ra ke bentuk na­rasi dan implementasi- nya
Kunci jawaban:
  1. tanpa tanda petik
  2. kata berawalan menjadi me-
  3. diawali huruf kapita
  4. diakhiri tanda intonasi final.

Kriteria Penilaian:
  1. nilai 10 bila betul 4
  2. nilai 8 bila betul 3
  3. nilai 6 bila betul 2
  4. nilai 4 bila betul 1


·  Indikator:   Mampu mengubah kalimat tidak langsung dalam wawancara menjadi kalimat langsung






                        




























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi;  Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca memindai


Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar: 11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks


Nomor Soal:4
Rumusan butir soal:  
Mana kalimat yang baku berikurt ini :
      global worning, entar,  bingung, koran, barengan aku, barengan,  Esok, tingkah, nggak, romantis.               

Materi:. Penemuan gagasan uta­ma teks

Kunci jawaban:
  1. bungu8ng
  2. Koran
  3. esok
  4. romantis

  Kriteria Penilaian:
  1. nilai 10 bila betul 4
  2. nilai 8  bila betul 3
  3. nilai 6 bila betul 2
  4.  nilai 4 bila betul 1

Indikator: 
·    Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan





                        



























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi;



Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar:
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks


Nomor Soal:5

Rumusan butir soal:    .   
Dalam satu paragraf terdiri dari(1).....ide poko yang tertulis dalam Kalimat.(2)........dan terdiri dari.(3)......kalimat penjelas.

Materi:.

Kunci jawaban:
  1. Satu
  2. utama
  3. beberapa

Kriteria Penilaian:
  1. nilai 10  bila betul 3
  2. nilai 8 bila betul 2
  3. nilai 6 bila betul 1


Indikator:  







                        



























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi; 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar: 10.2. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun


Nomor Soal:6
butir soal:  Sebutkan 6 kata ganti orang pertama!
           


Materi:. Bertelepon dan etikanya

Kunci jawaban:
  1. ku
  2. aku
  3. saya
  4. daku
  5. kami
  6. kita

Kriteria Penilaian:

  1. nilai 10 bila menyebut 6
  2. nilai 9  bila menyebut 5
  3. nilai 8 bila menyebut 4
  4. nilai  7 bila menyebut 3
  5. nilai  6 bila menyebut 2
  6. nilai 5 bila menyebut 1


Indikator:  mampu menggunakan kata ganti orang ke- 1







                        


























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII
Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi; 15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar: 15.1
Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi


Nomor Soal:7
Rumusan butir soal:  Dalam pembacaan puisi ada tanda berikut berarti:
    1. /       =
    2. //      =
    3. ___  =

Materi:. Pembacaan in­dah teks puisi
Kunci jawaban:
  1. Perhentian sejenak
  2. Perhentian agak lama
  3. penekanan

Kriteria Penilaian:
  1. nilai 10  bila bisa menyebut 3
  2. nilai 8 bila bisa menyebut 2
  3. nilai 6 bila bisa menyebut 1

Indikator:   Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan







                        




























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi;
. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII


Kompetensi Dasar:  Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi
Nomor Soal:8
Rumusan butir soal:     Sebutkan 4 aspek yang dinilai dalam mkembaca puisi!

Pembacaan in­dah teks puisi
Kunci jawaban:
  1. irama
  2. volume
  3. mimik
  4. kinestik

Kriteria Penilaian:
  1. nilai 10 bila menyebut benar 4
  2. nilai 9 bila menyebut benar 3
  3. nilai 8 bila menyebut benar 2
  4. nilai 7 bila menyebut benar 1

·   Indikator:   Mampu menandai penjedaan  dalam puisi yang akan dibacakan






                        


























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII

Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi; 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII

Kompetensi Dasar: ; 10.1.
Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai

Nomor Soal:9

Rumusan butir soal:     Sebutkan 4 aspek yang di harus disampaikan saat menceritakan tokoh idola!



Materi:. Penceritaan  tokoh idola

Kunci jawaban:
  1. Identitas
  2. Riwayat
  3. Keungguhan
  4. Manfaat

Kriteria Penilaian:
  1. Nilai  10 bila benar 4
  2. Nilai 9  bila benar 3
  3. Nilai 8  bila benar 2
  4. Nilai 7 bila benar 1

Indikator:   Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh






                        




























KARTU SOAL URAIAN


Nama Sekolah   : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata Pelajaran  : Bahsa Indonesia
Kelas                 : VII
Semester: 2
Tahun ajaran: 2012 -2013
Penyusun: Widwi Astuti

Sandar Kompetensi; 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca memindai
Buku Sumber: Berbahasa dan Satra  Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII

Kompetensi Dasar: 11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks

Nomor Soal:10
   Rumusan butir soal:                           ...........................................
               Kabarnya, layang-layang Bali tersohor gara-gara digelarnya festival layang-layang internasional setiap tahunya. Konon acara ini di gelar sejak tahun 1979. Banyak penggemar layang-layang maca negara berusaha meraih pengakuan diri, selain kesenangan. Tempat bisa berganti-ganti di setiap tahunya. Kadang di Ren ong, Sanur atau dilapangan Kapten Japa.
a.       Judul yang cocok adalah
b.      Kalimat utamanya adalah


Materi:. Penemuan gagasan uta­ma teks
Kunci jawaban:
  1. Lomba laying-layang……..
  2. Kabarnya……..

Skor penilaian:
  1. Nilai 10 bila betul 2
  2. Nilai 5 bila betul 1

Indikator:   Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan




                        



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja