soal uts
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
SMP NEGERI I NGANTRU
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS / PROGRAM : 7
SEMESTER :
GENAP
TAHUN PELAJARAN : 2012-2013
C
Jawablah soal
di bawah ini:
global worning, entar, bingung, koran, barengan aku,
barengan,
|
Esok, tingkah, nggak, romantis.
9.
Dalam satu paragraf terdiri dari......ide poko yang tertulis dalam
Kalimat.........dan terdiri
dari.......kalimat penjelas.
Kabarnya, layang-layang
Bali tersohor gara-gara digelarnya festival layang-layang internasional
setiap tahunya. Konon acara ini di gelar sejak tahun 1979. Banyak penggemar
layang-layang maca negara berusaha meraih pengakuan diri, selain kesenangan.
Tempat bisa berganti-ganti di setiap tahunya. Kadang di Ren ong, Sanur atau
dilapangan Kapten Japa.
|
|
|
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti nilai bila bisa mnyebutkan
yang benar
|
||
Sandar Kompetensi Mendengarkan
9.Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia untuk
SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 9.1
Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara.
|
Nomor Soal:1
|
Rumusan
butir soal: Siapa
saja yang bisa di jadikan nara
sumber dalam wawancara?
|
|
Materi:. Penyimpulan pikiran, pendapat, dan
gagasan dalam wawancara
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
Indikator:
Mamapu menentukan narasumber.
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi; Menulis
12.
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 12.1
Mengubah teks wawancara menjadi
narasi
|
Nomor
Soal:2
|
Rumusan
butir soal:
Susunlah
1 Contoh kalimat langsung yang berpola keterangan petikan !
|
|
Materi:. Cara mengubah teks wawancara ke bentuk narasi
dan implementasi- nya
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
1.
Nilai 10 bila
betul 6
2.
Nilai 9 bila betul 5
3.
Nilai 6 bila betul
4
4.
Nilai 5 bila
betul 3
5.
Nilai 4 bila betul
2
6.
Nilai 3 bila betul
1
|
|||
·
Indikator: Mampu membuat kalimat langsung
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi; Menulis
12.
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 12.1
Mengubah teks wawancara menjadi
narasi
|
Nomor
Soal:3
|
Rumusan
butir soal: Ubahlah kalimat langsung yang telah disusun
menjadi kalimat tidak langsung!
|
|
Materi:. Cara mengubah teks wawancara ke bentuk narasi
dan implementasi- nya
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
· Indikator: Mampu mengubah kalimat tidak
langsung dalam wawancara menjadi kalimat langsung
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi; Membaca
11.
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensid dan membaca memindai
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 11.2
Menemukan gagasan utama dalam teks
|
Nomor
Soal:4
|
Rumusan
butir soal:
Mana
kalimat yang baku berikurt ini :
global worning, entar, bingung, koran, barengan aku,
barengan, Esok, tingkah, nggak,
romantis.
|
|
Materi:. Penemuan gagasan utama teks
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
Indikator:
· Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok
dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi;
|
Buku Sumber: Berbahasa dan
Satra Indonesia untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar:
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks
|
Nomor Soal:5
|
Rumusan
butir soal: .
Dalam satu paragraf terdiri dari(1).....ide
poko yang tertulis dalam Kalimat.(2)........dan terdiri dari.(3)......kalimat
penjelas.
|
|
Materi:.
|
Kunci jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
Indikator:
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi; 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi,
dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 10.2. Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
Nomor
Soal:6
|
butir
soal: Sebutkan 6 kata ganti orang pertama!
|
|
Materi:. Bertelepon dan etikanya
|
Kunci jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
Indikator:
mampu menggunakan kata ganti orang ke-
1
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar
Kompetensi; 15. Memahami wacana
sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 15.1
Membaca indah puisi
dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi
puisi
|
Nomor Soal:7
|
Rumusan
butir soal: Dalam pembacaan puisi ada tanda berikut
berarti:
|
|
Materi:. Pembacaan indah teks puisi
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
Indikator: Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi;
. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita
anak
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: Membaca indah puisi dengan menggunakan
irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi puisi
|
Nomor
Soal:8
|
Rumusan
butir soal: Sebutkan
4 aspek yang dinilai dalam mkembaca puisi!
|
|
Pembacaan indah
teks puisi
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
·
Indikator:
Mampu menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar
Kompetensi; 10. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi
cerita dan telepon
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: ; 10.1.
Mencerita-kan tokoh idola dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan,
dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
|
Nomor
Soal:9
|
Rumusan
butir soal: Sebutkan
4 aspek yang di harus disampaikan saat menceritakan tokoh idola!
|
|
Materi:. Penceritaan tokoh idola
|
Kunci
jawaban:
|
||
Kriteria
Penilaian:
|
|||
Indikator: Mampu menceritakan tokoh dengan pedoman
kelengkapan identitas tokoh
|
KARTU
SOAL URAIAN
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Ngatru
Mata
Pelajaran : Bahsa Indonesia
Kelas : VII
|
Semester:
2
Tahun
ajaran: 2012 -2013
Penyusun:
Widwi Astuti
|
||
Sandar Kompetensi; 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan
membaca intensid dan membaca memindai
|
Buku
Sumber: Berbahasa dan Satra Indonesia
untuk SMP/MTS KelasVII
|
||
Kompetensi Dasar: 11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks
|
Nomor
Soal:10
|
Rumusan butir soal: ...........................................
Kabarnya, layang-layang Bali
tersohor gara-gara digelarnya festival layang-layang internasional setiap
tahunya. Konon acara ini di gelar sejak tahun 1979. Banyak penggemar
layang-layang maca negara berusaha meraih pengakuan diri, selain kesenangan.
Tempat bisa berganti-ganti di setiap tahunya. Kadang di Ren ong, Sanur atau
dilapangan Kapten Japa.
a. Judul yang cocok adalah
b. Kalimat utamanya adalah
|
|
Materi:. Penemuan gagasan utama teks
|
Kunci
jawaban:
|
||
Skor penilaian:
|
|||
Indikator: Mampu mengungkapkan gagasan utama/ide pokok
dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan
|
Komentar
Posting Komentar