UMPATAN


UMPATAN
JANGAN BUAT AKU MENGUMPAT
            Suatu saat kita sering mendengar seseorang mengumpat. Sebenarnya apakah umpatan itu?
Menurus Kamus Besar Bahasa Indonesia mengumpat adalah  1umpat (umpatan) n perkataan yang keji-keji (kotor)dsb yang diucapkan karena marah (jengkel, kecewa, dsb) cercaan; makian;sesalan: -dan puji tidak pernah bercerai, selalu ada yang mencela dan ada yang memuji; tindakanya mengakibatkan sesal -dan dr keluarga sendiri; - tidak membunuh, puji tidak mengenyang, pb baik celaan maupun pujian tidak dihiraukan;
Mengumpat 1 verb  mengucapkan kata-kata keji, tidak pantas, kurang adat untuk menyatakan kemarahan atau kejengkelan: sayang sekali, anak kecil itu sudah berani – tetangganya.;
Versi lain Mengumpat 1. mengeluarkan umpat(an); memburuk-burukkan orang; mengeluarkan kata-kata keji (kotor) krn marah (jengkel, kecewa, dsb);
source: kbbi3
            Dari makna yang diperoleh ternyata mengumpat adalah perkataan yang kotor yang dilontarkan kepada orang lain karena merasa kecewa atau jengkel. Mengumpat merupapkan ucapan   untuk mengungkapkan suasana hati yang tidak enak .
            Sedangkan ungakapan dengan kata dasar ungkap yang maknanya melahirkan perasaan dengangan hati melalui kata-kata. 1 Ungkap v melahirkan perasaan hati ( dgn perkataan, air mata, gerak gerik): mengarang itu dpakainya untuk- ini hati: 2 menunjukan; membuktikan; menyikapkan (tt sesuatu yang tadinya masih menjadi rahasia atau tidak banyak diketahui orang): keterangan itu – bahwa dia sebenarnya dia banyak uang;3 mengemukakan; menyatakan; memaparkan; saya akan – garis-garis besanya saja;-sebuah panorama sebuah percintaan  anak-anak muda;4 menerangkan dengan jelas ; menguraikan: ia belum – apa funfsi sebenarnya dr tulisan itu.kbbi 991.
Contoh umpatan yangsering di gunakan anjing, jancuk,gatel, semua anggota tubuh di tambah –mu di belakangnya.
Suasana hati seseorang itu bemacam-macam sesuai stimulus yang di dapat pada saat itu.Apabila seseorang saat suasana ahti tidak enak sedangkan bibir Tk terkenadalikan, maka yang terucap adalah kata-kata kotor atau umpatan. Maka dalam kehidupan sehari-hari bukanlah kata kotor yang harus di musnahkan tetapi pengendalian diri untuk tidak berkatakotor. Pandai-pandai dirilah mengubah hal yang menyebabkan suasana hati tak enak menjadi sesuatu yang nyaman kita rasakan agar tidak keluar kata-kata kotor atau umpatan.
Bergunakah umpatan itu di gunakan?
Seseorang kadang perlu suatu bentuk kata yang bisa mewakili perasaanya. Tak harus rasa tak enak itu selalu di pendam, memang sebagian orang mampu memendam rasa marah, jengkel, kecewa tapi ada kalanya semua rasa itu dikeluarkan agar orang lain mengetahui dan paham suasana hati seseorang. Contohnya bila kita selalu di ejek oleh orang lain sesekali kita perlu marah agar orang yang selalu mengejek itu tahu bahwa kita tak suka dengan ejekanya. Asalkan tidak berlebihan. Sekali lagi bukan umpatan yang dihilangkan tapi hsrus menata hati agar tidak mengeluarkan umpatan.
Dan apabila  tidak ingin mendapat umpatan berhati-hatilah berkata kepada orang lain, karena kadang kita tiak menyadari bahwa kata yang kita ucapkan menyinggung perasaan orang lain yang akibatnya mendapat umpatan dari orang tersebut.
Sanggupkah kita tidak mneggumpat?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja

Setangkai Mawar Kuning