Proposal Tari Rodat



REOG  KENDANG TULUNGAGUNG
(Tahuku)
Reog kendang Tulungagung   semakin tidak di kenal dilkalangan masyarakat umum. Di beberapa daerah kelompok- kelompok kesenian reog kendang ini banyak yanng punah. Seiring punahnya kelompok kesenian ini semakin tidak dikenal lagi reog kendang.
Kemudian para aktifis kesenian Reog dan jaranan bersatu untuk melestarikan kesenian Reog Kendang Tulungagung dengan mendirikkan Komunitas Reyog Kendang Batara Agung Saguru sebagai  wadah seniman tari Reyog dan Jaranan se-Kabupaten Tulungagung . “Saat ini terdapat sekitar 300 kelompok kesenian Reog Kendang di Tulungagung.
Karena  kesenian yang telah hidup di Tulungagung selama puluhan tahun tersebut kerap menjadi sengketa antar kelompok kesenian., maka Reyog Kendang Batara Agung Saguru
mengajukan Hak Cipta Reog Kendang itu sendiri yang  merupakan hasil perjuangan wadah tari tradisional sayuk guyub rukun atau Paguyuban Batara Agung Saguru Tulungagung. Karena itu pemerintah daerah juga berterima kasih kepada para seniman Reog Kendang yang telah memperjuangkan hak intelektual ini. 

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Tulungagung Ahmad Pitoyo mengatakan penerbitan SK HAKI ini diterima Wakil Bupati Tulungagung Mohammad Atiah . Dalam SK tersebut tertulis bahwa Reog Kendang tercatat dalam nomor registrasi C00200903657 atas nama Hak Cipta Bupati Tulungagung. “Ini berarti kesenian tersebut mutlak milik Tulungagung,” kata Pitoyo kepada Tempo, Senin (22/3).

Usaha nyata pemerintah dalam  melestarikan reog kendang Tulungagung salah satunya mengadakan lomba setiap tahun. Para peserta diwajibkan dari  siawa tingkat SD, SMP, SMA. Hasilnya sangat memuaskan. Muncul penari- penari reog yang luar biasa bagus, bahkan  dalam perkembangannya reog juga di kolaborasi dengan drum band.

Pada lomba Reog Kendang Tulungagung yang perlu diperhatikan adalah ke aslian gerak. Artinya gerak yang sudah  didoskripsikan  melalui  buku yang berjudul’’REYOG TULUNGAGUNG’’ dalam rangka pendokumentasian, pendriskripsian dan pembuatan pedoman tari khas Tulungagung.Buku ini diterbitkan 5 Maret 1996 yang disusun oleh Drs. Mugianto, So’iran, Sri Wahyuni,BA, W.Adi Suwignyo, Tasik sunarto dan gambar panduan oleh Drs. Nurhadi.

  1. KEUNIKAN REOG KENDANG TULUNGAGUNG.

Reog kendang Tulungagung  mempunyai keunikan bahwa penarinya yang berjumlah 6, 12, atau 18 orang  sesuai jumla kendang yaitu dalam satu set (unit) ada 6 kendang atau  yang sebut gembluk/ gemblug/dhodhog. Ke 6 gembluk/gembung/dhodhog  mempunyai  ukuran dan cara memukul yanng berbeda. Sementara semua penari melakukan gerak kaki yang sama. Lagu yang digunakan untuk mengiringi kadang lagu perjuangan. Atau lagu yang populer saat reog itu ditampilkan.

  1. DHODHOG

Dhodhok/gembluk/ gembluk dalah  alat musik pukul  semacam kendang denga ukuran lebih panjang dan lebih kecil.

2.1  Jenis dhdodhog
a.      Dhodhog Kerep              : 1 buah
b.      Dhodhog Arang             : 1 buah
c.       Dhodhog Imbal 1           ;1 buah
d.      Dhodhog Imbal 2           : 1 buah
e.      Dhodhog keplak : 1 buah
f.        Dhodhog Trinthing        : 1 buah
Dengan jumlah pemain masing 1 orang.

2.2Ukuran dhodhog

a.      Dhodhog Kerep 
           
Panjang 50 cm dengan diameter 20 cm. Bagian tajukan kedalaman 10 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.         

b.      Dhodhog Arang
Panjang 50 cm dengan diameter 19 cm. Bagian tajukan kedalaman 10 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.         
             
c.       Dhodhog Imbal 1
            Panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Bagian tajukan kedalaman 2 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.         
           
d.      Dhodhog Imbal 2
            Sama dengan imbal 1 yaitu Panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Bagian tajukan kedalaman 10 cm, tebal bibir paling tipis 10 cm. Dibawah tajukan menipis dgn ukkuran 1 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.    
           
e.      Dhodhog keplak
            Panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Tdak menggunakan tajuk, tebal bibir rata-rata 2 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.      
           
f.        Dhodhog Trinthing       
Sama dengan keplak panjang 50 cm dengan diameter 18 cm. Tdak menggunakan tajuk, tebal bibir rata-rata 2 cm.Diameter pinggang paling kecil 14 cm dak diameter luar paling bawah 17 cm dengan ketebalan 2 cm.

Apabila bagi anak –anak yang belum mampu mengguakan dhodhog sesuai ukuran di atas bisa memperkecil ukura dengan tidak mengubah  laras.



  1. INSTRUMEN LAIN YANG MENGIRINGI REOG KENDANG
3.1Kenong
Menggunakam 5 sledro dengan jumlah 1.
         3.2 Gong
            Menggunakan 5 slendro denngan jumlah 1.
            3.3 Terompet/ slompret/ sompret.
                        Terompet bisa memainkan sbuah lagu secara intrumentalia atau bergantian dengan gerongan.



  1. CARA MEMAINKAN DHODHOG

Nada pukulan dhdodhog, gong, kenong.

4/4 sedang                                    ATER-ATER KENDANG KEREP


OTK           TK        TK        *          *          *          *          *          *          *          *
                                          NG                   N                      NG                   N                      NG
Dhodhog arang                 B          O         BB        O         B          O         BB        O         B
Imbal 1                              OB       B          OB       B          OB       B          OB       B          0B
Imbal 2                              O         OB       B          0B        B          OB       B          OB       B
Keplak                               OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP       OP
Trinthing                           OT       TT        OT       TT        OT       TT        OT       TT        OT


4/4 lambat
                                          *          *          *          *          *          *          *         
                                                                              N                                              NG

Dhodhog arang                 O         O         O         B          O         O         O         B
Imbal 1                              B          B          O         B          B          B          O         O        
Imbal 2                              O         O         B          B          O         O         B          B         
Keplak                               P          O         P          O         P          O         P          O        
Trinthing                           TT        TT        T          T          TT        TT        T          T         





4/4 sedang                                                      IRAMA DRUM BAND

Semua dhdodhog
Dipukul bersamaan                             N          NG                               N                      NG
                                                *          *          *          *          *          *          *          *
                                                BB           B             BB           B             BB           BB           BB           B


  1. GERAKAN TARI REOG
Tari reog 1 set / unit terdii dari 6 penari sesuai dengan jumlah dhodhog dalam satu set. Bila ingin menampilkan secra masal mak akan menggunakan kelipatan dari satu set tersebut. Ke- 6 penari akan memukkul sambil menari. Gerakkan dasar kari adlah gerak berjalan sedangkan pukkulan masing-masing penari tidaklah sama. Untuk itu gerakkan yang dilakukan oleh penari tidaklah banyak hanya berkisar gerak kaki dan gerak kepala disertai dengan pola lantai yang berubah ubah.Gerakan ini sangat sederhana dan kelihatan mudah tetapi karena gerak tangsn dsn kaki idak sama harus dilatih secara intensik untuk mendapat reflek yang sempurna.
5.1 NAMA GERAK TARI DAN DISKRIPSINYA
1.                                                   Gerak Baris:  gerakan lurus seperti layaknya orang berbaris dengan dhodhog kerep berada di depan, kaki menegikuti gerak dhodhog biasanya menggunakan irama drimband . gunanya untuk keluar dan masuk ppanggung.
2.                                                   Gerak Sundangan:  Gerakkan bahu dang kepala badan agak membungkuk , kaki tanjak kanaan bila yang depan kaki kanan. Gerakkan iini menyerupai banteng yang sedang menyruduk/ nyundang.

3.                                                   Gerak Andul: mengayun kaki yang diangkat setinggi paha. Ayunan dilakukan ke depan ke belakang. Ada kalanya kaki yang menjadi tumpuan mengikuti dengan gerak loncat ( gedrik).

 
4.                                                   Gerakan Menthokan: Gerakan posisi badan membungkuk telapak kaki napak datar, kedua lutut menempel mendak berjalan ke kepan sehingga pinggul megal menggol seperti mentho berjalan.

5.                                                   Gerak Gedjoh Bumi: Posisi badan agak membungkuk, kaki kanan menapak datar kaki kiri di belakang diangkat tuminya (gejuk) atau di gejoh-gejohkan ke tanah sampai kaki kanan lurus.
 
6.                                                   Gerak Ngongak Sumur: Gerak kaki kanan ke depan ke belakang pada saat kaki kanan ke depan kepala menunduk ke bawah seperti orang melihat ke dalam sumur), dan waktu kaki kakan di belakang pandangan ke atas. 
7.                                                   Gerak Midak Kecik: jalanmunduk dengan ujung  kaki menapak lebih dahulu kemudian baru tumit.
8.                                                   Gerak Lillingan: gerakkan berpasangan yang saling berhadapan antara dua penari. Mereka berpandangan dengan jarak yang sangat dekat . biasanya dilakukan dengan kaki tanjak berhenti dan kepala lenggut-lenggut bisa di lakukan dengan berjalan saling berputar.

9.                                                   Ggerak Kejang: berjalan dengan tumit diangkat. Posisibadan mulai dari kepala sampai kaki kaku lurus sehingga gerak jalan dilakukan terpatah-patah seperti robot.
10.                                                Gerak Bari: kenbali ke gerak saat masuk panggung yaitu gerakan lurus seperti layaknya orang berbaris dengan dhodhog kerep berada di depan, kaki menegikuti gerak dhodhog biasanya menggunakan irama drimband . gunanya untuk keluar dan masuk ppanggung

5.2 LAMA GERAKAN REOG DI LAKUKAN
Demikian kurang llebih penjelasan dasar gerak tari reog yang ditulis dala buku berjudul’’REYOG TULUNGAGUNG’’ dalam rangka pendokumentasian, pendriskripsian dan pembuatan pedoman tari khas Tulungagung. Sedangkan jumlah gerakan dihitung  dengan banyaknya gong  dengan aba-aba dhdhog arang.

  1. KOSTUM
6.1  KOSTUM  BAGIAN KEPALA
1.      Udheng
2.      Guling/ iker
3.      Sumping
4.      Kaca mata

6.2  KOSTUM  BAGIAN BADAN.
1.      Baju
2.      Clono/ kathok
3.      Kain panjang/ jarit
4.      Stagen
5.      Sabuk timang
6.      Kace
7.      Ter
8.      Srempang
9.      Boro-boro
10.  Sampur
11.  Keris


6.3  KOSTUM  BAGIAN LENGAN
1.      Deker
6.4  KOSTUM  BAGIAN KAKI
1.      Kaos kaki
2.      Gongseng/ klinthing.



(sebenarnyainiygkumaubknterpurukhatidrAS 4Nop2012)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lentera Kepiluan

Gadis Senja

Setangkai Mawar Kuning